Samarinda (ANTARA News) - Pembalap Kazakhstan mendominasi nomor jalan raya, Individual Road Race (IRR) 154,4 km senior putra dengan memborong semua medali pada Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2009 yang berlangsung di jalan raya Samarinda, Sabtu.

Peringkat pertama untuk nomor IRR 154,4 km ini di raih oleh Dmitriy Fofonov dengan catatan waktu 3 jam 44:38 detik, dan peringkat kedua oleh Alexandr Vinokurov dengan catatan waktu 3:46:46 detik, sedangkan peringkat tiga oleh Valentin Iglinskiy dengan waktu 3:49:16 detik.

Solidnya strategi tiga pembalap asal Kazakhstan ini, cukup menyulitkan Kam Po Wong asal Hongkong yang selalu menempel tiga pembalap tersebut di setiap lap.

Kam Po Wong harus puas berada di urutan keempat dengan catatan waktu sama dengan peringkat ketiga Valentin Iglinskiy yakni 3:49:16.

Sedang pembalap andalan Indonesia, Tonton Susanto pada nomor IRR ini berada di peringkat ke-14 dengan catatan waktu 3:51:27 detik.

Tonton kalah jauh dari dua pembalap Thailand, Prajak Mahawong, , dan Thurakit Boonratanathanakorn yang berada di peringkat ke-8 dan ke -9. dan Pembalap Vietnam Hung Mai Nguyen di peringkat ke -13.

Namun demikian Tonton lebih depan dari pembalap Asia Tenggara lainnya yakni Loyd Lucien Reynante, dari Philipina yang finis di urutan ke-15.

Nomor IRR 154,4 km senior putra ini diikuti oleh 73 pembalap yang berasal dari 23 Negara. Sementara dari sejumlah pembalap itu hanya sekitar 40 pembalap yang menyelesaikan putaran hingga finis.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009