Mingora, Pakistan (ANTARA News/Reuters) - Seorang pelaku pemboman bunuh diri meledakkan dirinya di depan pos keamanan Pakistan di lembah Swat, Sabtu, menewaskan tiga tentara, kata para pejabat militer.

Pihak militer dalam beberapa bulan terakhir menewaskan atau menghalau sejumlah gerilyawan Taliban dari lembah Swat, di barat laut ibukota.

Operasi militer ini dipandang secara luas sebagai serangan yang berhasil.

Pada Kamis, serangan bom bunuh diri dan penembakan di Pakistan baratlaut, menewaskan enam orang, termasuk tiga sesepuh suku ternama anti-Taliban, kata sejumlah pejabat.

Seorang penyerang bom bunuh diri berhasil membunuh Malik Khadeen, seorang kerabatnya dan dua orang yang lewat ketika ia menabrakkan sepeda-motornya ke arah kendaraan sesepuh suku itu, di Waziristan Selatan, kata seorang pejabat keamanan setempat.

Khadeen adalah fasilitator penting anti-Taliban di Wana, kota utama di kawasan suku itu, yang dianggap sebagai markas panglima perang Taliban Baitullah Mehsud yang disebut-sebut tewas dalam serangan rudal AS pekan lalu.

"Malik Khadeen dan seorang kerabatnya tewas dalam serangan bunuh diri ini. Dua orang yang lewat juga tewas dan tiga lainnya cedera," kata pejabat keamanan itu, yang menambahkan bahwa ini merupakan serangan ketiga terhadap pemimpin penting itu.

Seorang pejabat intelijen mengkonfirmasi serangan bom di Wana itu dengan mengatakan, kendaraan Khadeen rusak parah.

Khadeen adalah sesepuh utama yang mengatur pertemuan-pertemuan dan kegiatan suku untuk menangkal kekuatan Taliban, khususnya Taliban Uzbek, di kawasan itu.

Dalam insiden lain, dua pemimpin milisi pro-pemerintah Pakistan tewas dan mayat mereka ditemukan dengan lubang-lubang peluru di daerah suku Bajaur, yang seperti Waziristan Selatan juga berbatasan dengan Afghanistan.

"Kedua sesepuh suku itu ditembak mati oleh orang-orang bersenjata. Kami rasa Taliban terlibat dalam insiden itu karena mereka tidak memiliki musuh lain," kata Saad Ullah, seorang pejabat pemerintah daerah kepada AFP.

Ratusan orang tewas dalam operasi enam bulan militer terhadap militan di kawasan suku Bajaur, dimana militer mengklaim pada Februari bahwa mereka telah mengamankan daerah itu.

Daerah suku Pakistan, khususnya Lembah Swat, dilanda konflik antara pasukan pemerintah dan militan Taliban dalam beberapa waktu terakhir ini.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009