Jakarta (ANTARA) - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan pada Sabtu bahwa liga sepak bola di negaranya dapat dilanjutkan pada 8 Juni.

"Kelanjutan kompetisi-kompetisi olahraga profesional dan khususnya Liga Spanyol akan diizinkan dari 8 Juni," demikian pernyataan Sanchez seperti dikutip AFP.

Setelah lebih dari dua bulan sejak pandemi COVID-19 membuat musim kompetisi di Spanyol harus ditangguhkan, kini para pemain telah mulai melakukan latihan dalam kelompok-kelompok kecil.

Presiden Liga Spanyol Javier Tebas telah mengatakan ia cenderung lebih suka liga dilanjutkan pada Jumat 12 Juni, dan pengumuman dari Sanchez berarti pemerintah telah memberikan lampu hijau.

Baca juga: Pelatih Barca Quique Setien berharap dapat melatih Neymar

Baca juga: Zidane bilang juara itu sudah DNA-nya Real Madrid


Klub-klub peserta Liga Spanyol masih harus memainkan 11 putaran tersisa untuk menyelesaikan musim. Kompetisi diharapkan dapat selesai pada akhir Juli.

Jadwal yang dipadatkan membuat tim-tim akan bermain pada tengah pekan dan akhir pekan di stadion-stadion tanpa penonton. Maksimal hanya 197 orang yang diizinkan berada di stadion, mengacu pada protokol yang dipersiapkan Liga Spanyol.

Para pemain akan menjalani tes untuk virus corona sehari sebelum pertandingan, dan akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum mereka dapat memasuki stadion.

Liga Spanyol pertama kali ditangguhkan pada 12 Maret, setelah Real Madrid menjalani karantina di hari yang sama akibat salah satu pebasket klub itu positif terinfeksi virus corona.

Baca juga: Luis Suarez sarankan Lautaro Martinez bertahan di Inter Milan

Baca juga: Lionel Messi cs terancam potong gaji 30 persen musim depan


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020