Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Gamawan Fauzi, mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta para kepala daerah se-Indonesia melaksanakan program pembangunan pro-rakyat sebagai arah pemulihan ekonomi nasional dari dampak krisis global.

Permintaan itu disampaikan presiden dalam pidato kenegaraan pada sidang tahunan Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) di Jakarta, Rabu (19/8), kata Gamawan dalam penjelasan tertulis di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, seluruh kepala daerah baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota terus mengantisipasi dan mewaspadai dampak krisis global terhadap perekonomian di daerah masing-masing.

Sedangkan arah dari antisipasi itu adalah melakukan pemulihan ekonomi seraya menjaga kesejahteraan dengan terus melaksanakan program pro-rakyat, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan penyediaan infrastruktur dasar, tambahnya.

Daerah juga diminta terus menciptakan kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran, menurunkan inflasi dan mendorong kegiatan investasi serta perdagangan, kata gubernur.

Selain itu, daerah diminta menjaga ketahanan pangan dan energi, karena dengan cara itu kemakmuran rakyat dapat diperbaiki dan merasakan makna kemerdekaan yang sesungguhnya.

Terkait pelaksanaan desentralisasi, kata Gamawan, presiden meminta ujud dari desentralisasi adalah pembangunan yang adil dan merata.

Karena itu desentralisasi keuangan negara untuk menjalankan prinsip anggaran mengikuti fungsi dan tanggungjawab kepada daerah, tambahnya.

Kebijakan transfer anggaran ke daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik serta mengurangi kesenjangan pelayanan publik antar daerah, kata Gamawan mengutip penyataan presiden.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009