Kuala Lumpur (ANTARA News) - Indonesia akan menjadi tuan rumah Asean Para Games ke-6, pertandingan olah raga bagi para penyandang cacat, yang akan berlangsung di Bandung dan Semarang tahun 2011.

Dubes RI untuk Malaysia Da`i Bachtiar telah menerima secara resmi bendera Asean Para Games dari menteri pemuda dan olahraga Malaysia Ahmad Shabery Cheek seusai menutup Asean Para Games ke-5 yang berlangsung di stadion Bukit Jalil, Selangor, Rabu malam.

Setelah menerima bendera itu, mantan Kapolri Da`i Bachtiar menyerahkan lagi kepada Benny Poltak Marbun selaku pengurus olahraga para penyandang cacat Indonesia.

Benny menerima bendera itu di atas kursi kemudian mengangkatnya tinggi-tinggi yang langsung disambut tepukan gemuruh para olahragawan dan undangan.

Acara penyerahan itu disaksikan pula oleh Jeanne Abdullah, istri dari mantan PM Malaysia Abdullah Badawi, sebagai pelindung dewan olahraga penyandang cacat Malaysia.

Menteri Shabery Cheek mengatakan, rakyat Malaysia bersyukur dapat menyaksikan keajaiban dunia ke-8 setelah melihat semangat perjuangan para atlit penyandang cacat dalam berlomba meraih kemenangan. Asean Para Games ke-5 di Malaysia berlangsung 15-19 Agustus 2009.

"Jika dunia ada tujuh keajaiban maka Asean Para Games ini adalah keajaiban ke-8," katanya.

Juara Umum

Dalam Asean Para Games ke-5 yang berlangsung di Malaysia, 15-19 Agustus 2009, keluar sebagai juara umum adalah Thailand, disusul Malaysia dan Vietnam dengan perolehan medali sebagai berikut :

Thailand mendapat 157 emas, 75 perak, dan 57 perunggu dengan total perolehan 289 medali, disusul Malaysia dengan 94 emas, 81 perak, dan 71 perunggu dengan total perolehan 245 medali, Vietnam 73 emas, 57 perak, dan 45 perunggu dengan total perolehan 175 medali.

Sementara Indonesia menduduki urutan ke-4 dengan perolehan 29 emas, 25 perak, 19 perunggu dengan total perolehan 73 medali disusul Filipina, Singapore, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Dengan demikian, ada 10 negara Asean yang ikut dalam Asean Para Games ke-5 di Malaysia.

Atlit terbaik pria diraih oleh Sanit Songkok dari Thailand dengan perolehan empat emas, semuanya dari renang dan atlit terbaik wanita diraih oleh Nguyen Quang Yuong dari Vietnam dengan tiga medali emas dari renang. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009