Peshawar, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Pasukan keamanan Pakistan menewaskan sedikitnya 12 gerilyawan Jumat di sebuah daerah suku yang bergolak dekat perbatasan Afghanistan, paramiliter Korps Perbatasan mengatakan.

Tentara-tentara itu melakukan operasi terhadap gerilyawan di daerah Michni di wilayah suku Mohmand.

"Duabelas gerilyawan tewas dan empat dari tempat persembunyian mereka hancur dalam operasi itu," Korps Perbatasan mengatakan dalam satu pernyataan. "Tentara juga menyita senjata berat, amunisi dan bahan peledak dalam operasi itu."

Daerah suku semi-otonomi di bagian baratlaut Pakistan telah menjadi kubukuat bagi ratusan gerilyawan Islam yang melarikan diri dari Afghanistan setelah serangan pimpinan-AS menjatuhkan Taliban pada akhir 2001.

Militer Pakistan pada akhir April melancarkan serangan besar terhadap Taliban di Pakistan baratlaut, yang ditargetkan terhadap gerilyawan di distrik Swat, Buner dan Lower Dir setelah mereka maju dekat ke ibukota Islamabad.

Bulan lalu militer menyatakan telah membersihkan daerah itu dari ancaman Taliban, dan berjanji untuk mengubah perhatian mereka ke daerah suku yang bergunung-gunung di sepanjang perbatasan Afghanistan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009