Seoul (ANTARA News) - Seorang menteri Korea Selatan, Sabtu, akan menemui delegasi Korea Utara yang terbang ke Seoul untuk menyampaikan penghormatan pada mantan presiden Kim Dae-Jung, kantor berita Yonhap melaporkan.

Delegasi tersebut akan bertemu dan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Unifikasi Hyun In-Taek Sabtu pagi, tapi belum ada pernyataan mengenai apakah Presiden Lee Myung-Bak akan menemui mereka, seorang pejabat senior kementerian itu mengatakan pada kantor berita tersebut.

Pertemuan itu akan menjadi yang pertama sejak pemerintah konservatif Lee memegang tampuk pemerintahan di Seoul pada Februari 2008 dan membatalkan bantuan "sinar matahari" serta kebijakan pengikutsertaan Kim Dae-Jung dan penggantinya sebagai presiden, Roh Moo-Hyun.

Utara yang komunis telah bermusuhan dengan sengit sejak Lee mengambilalih kekuasaan tapi membuat serangkaian langkah yang lebih mendamaikan bulan ini terhadap AS dan sekutu AS, Seoul.

Delegasi Korea Utara mengatakan mereka terbuka untuk pembicaraan.

"Saya akan bertemu dengan semua orang. Marilah bertemu untuk berbicara," kata sekretaris partai Ki Ki-Nam pada Wakil Menteri Unifikasi Seoul Hong Yang-Ho, yang menerima delegasi itu di bandara, seperti dikutip AFP.

Kim Dae-Jung, yang meninggal Selasa pada usia 85 tahun, mengadakan pertemuan puncak pertama pada 2000 pada masa kepresidenannya 1996-2003.

Ia memelopori bantuan "sinar matahari" dan kebijakan pelibatan dengan Utara yang telah meningkatkan hubungan tapi gagal mengekang ambisinya akan senjata nuklir. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009