Hamilton (ANTARA News/Reuters) - Badai Bill membuat Bermuda diguyur hujan lebat dan menerpa wilayah pantainya dengan ombak besar Sabtu, saat badai itu bergerak menuju East Coast AS, tempat peringatan topan tropis dikeluarkan bagi daerah pantai Massachusetts.

Kebanyakan penduduk Bermuda, pulau Inggris seluas 53 kilometer persegi dan satu pusat bagi industri asuransi global, menjauh dari jalan pada malam hari saat badai Kategori 2 tersebut bergerak lebih dari 320 kilometer ke barat.

Tetapi tak ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan tampaknya kecil. Bandar udara di pulau itu dijadwalkan dibuka Sabtu petang.

Di jalurnya saat ini, Badai Bill, yang berisi angin dengan kecepatan mendekati 165 kilometer per jam, diramalkan melewati garis pantai New England di Amerika Serikat, Sabtu larut malam dan mendekat Nova Scotia di Kanada, Ahad.

Peringatan topan tropis diberlakukan pada Sabtu bagi beberapa bagian pantai Massachusetts, termasuk pulau Vineyard di Martha, tempat Presiden AS Barack Obama dan keluarganya dijadwalkan memulai liburan panjang musim panas pada Ahad.

Itu berarti kondisi topan tropis diperkirakan berada di satu tempat di daerah peringatan tersebut dalam waktu 24 jam.

Pada pukul 08:00 (20:00 WIB) Sabtu, Badai Bill, badai pertama pada musim badai Atlantik 2009, berada sekitar 380 kilometer di sebelah barat-baratlaut Bermuda dan sekitar 820 kilometer di sebelah selatan Nantucket, Massachusetts, kata U.S. National Hurricane Center (NHC).

NHC menyatakan fluktuasi dalam kekuatan Badai Bill mungkin terjadi pada Sabtu, dan diikuti oleh kondisi melemah pada sore harinya, saat pusat topan bergerak ke utara Gulf Stream, yang hangat.

Mulai Ahad, Bill dapat mengancam sebagian tempat penyulingan dan kilang gas alam dan minyak di Kanada timur.

Beberapa pejabat dari Pusat Badai Kanada telah mengatakan mereka menduga topan tersebut akan melewati pantai timur Nova Scotia, Ahad, dan menerpa daerah tenggara Newfoundland dan Labrador, Ahad malam atau Senin pagi.

NHC menyatakan gelombang besar yang dipicu oleh Badai Bill akan menimbulkan gelombang besar di sepanjang pantai timur Amerika Serikat, dan bergerak ke arah utara pada akhir pekan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009