Jakarta (ANTARA) - Pandemi corona membuat setiap orang diharuskan menggunakan masker pelindung, namun terlalu lama mengenakan masker bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Dilansir Pop Sugar, Kamis, pakar dermatologi Harold Lancer, MD mengatakan penggunaan masker selama berjam-jam dapat membuat kulit lecet, memar atau ketidaknyamanan lain. Tidak mengherankan jika nantinya timbul masalah baru seperti berjerawat.

Claire O'Bryan selaku ANC-P, The Skin Clique juga mengatakan penggunaan masker akan menghalangi pori-pori untuk bernapas, panas dan lembab sehingga memicu bakteri dan minyak berlebih.

Namun untuk menghindari masalah kulit selama pandemi, Dr. Lancer dan O'Bryan memberikan beberapa tips untuk menenangkan iritasi dan mencegah wajah berjerawat.

1. Bersihkan wajah saat melepas masker
Jerawat dapat terjadi saat bakteri ditransfer dari tangan ke wajah, hal ini juga berlaku saat Anda mengenakan masker. Oleh karenanya penting untuk membersihkan wajah saat melepas masker, khususnya bagi Anda yang mudah berjerawat.

"Meski wajah Anda mungkin tidak terlihat kotor, kulit Anda mengalami peningkatan iritasi dan produksi sebum," ujar O'Bryan.

2. Jangan menggosok kulit
Setelah membersihkan wajah dengan sabun antibakteri atau tisu basah antibakteri, keringkan dengan menggunakan handuk bersih dan lembut.

3. Hindari menggunakan riasan
Untuk menurunkan risiko iritasi, jagalah kulit untuk selalu bersih, sebisa mungkin untuk tidak menggunakan riasan selama mengenakan masker.

4. Rajin mengganti atau mencuci masker
Lepaskan masker setiap satu jam atau lebih sehingga memberikan kesempatan pada kulit untuk bernapas setidaknya dua menit. Membuka masker berarti membantu menyeimbangkan suhu dan kelembapan wajah dengan area kulit lainnya.

"Anda dapat menggunakan kembali masker namun pastikan maskernya sudah bersih," kata Dr. Lancer.

5. Eksfoliasi kulit wajah dengan lembut
Pada dasarnya pembersihan, pengencangan dan pengelupasan kulit akan membantu mencegah jerawat. Pengelupasan lembut secara teratur pada lapisan atas kulit dengan produk-produk yang mengandung asam glikolat atau salisilat dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih.

6. Gunakan minyak esensial atau pelembap
Gunakanlah minyak esensial atau pelembap ringan untuk menghindari iritasi pada kulit wajah.

Sementara itu, bagi para petugas medis sangat tidak memungkinkan untuk melepas maskernya setiap saat. Padahal, mengenakan masker N-95 dalam waktu yang lama dapat menyebabkan iritasi kulit.

O'Bryan pun menyarankan setidaknya selalu membersihkan kulit wajah dengan teratur, mengeringkan dengan lembut dan memberikan pelembab beberapa kali dalam sehari.


Baca juga: Tips agar masker tak sebabkan jerawat pada kulit sensitif

Baca juga: Kiat agar kacamata tidak berembun saat pakai masker

Baca juga: Haruskah bayi pakai masker kain untuk hindari COVID-19?

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020