Jakarta (ANTARA News) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mendesak Sidang Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) segera mengeluarkan  Israel dari keanggotaan Inter Parliamentary Union (IPU) sebagai bagian dari upaya menghentikan serangan israel kepada Palestina.

"APA yang pada periode ini Presidennya adalah Ketua DPR RI Agung Laksono agar memperjuangkan dengan serius untuk mengeluarkan Israel dari keanggotaan IPU," kata Ketua MPR Hidayat Nurwahid di Gedung MPR Jakarta, Kamis.

Selain meminta PBB dan APA bereaksi keras atas serangan Israel ke Gaza, MPR juga meminta Liga Arab dan Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk sesegera menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang efektif guna menyatukan sikap dan tindakan yang nyata untuk menghentikan tindakan israel, menyelamatkan Palestina dan Masjidil Aqsa.

Selain itu, membuka blokade atas Gaza serta menyampaikan bantuan kemanusiaan kepada korban agresi Israel di Gaza.

Pemerintah Indonesia juga diharapkan melanjutkan tuntutan diselenggarakan Sidang Umum PBB, terselenggaranya KTT OKI dan Liga Arab dengan kesediaan sebagai tuan rumah.

Selain itu, berkomunikasi langsung dengan Presiden Mesir dan PM Turki yang memegang peran penting dalam penyelesaian krisis Gaza.

MPR menyampaikan apresiasi kepada rakyat, masyarakat dan media massa Indonesia atas aksi damai kemanusiaan yang terus-menerus dilakukan sebagai wujud solidaritas terhadap pejuang Palestina melawan zionis Israel.  (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009