Yogyakarta (ANTARA News) - Sejumlah maskapai penerbangan yang melayani rute melalui Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta mulai mengajukan untuk penambahan penerbangan (Extra Flight) untuk angkutan Lebaran 2009.

"Ada sejumlah maskapai penerbangan yang telah mengajukan penambahan penerbangan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, rata-rata tiap maskapai mengajukan satu hingga dua tambahan jadwal penerbangan," kata Manajer Operasional PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Halindra kepada ANTARA, Selasa.

Menurut dia, maskapai yang telah mengajukan penambahan penerbangan tersebut diantaranya Garuda Indonesia Airlines, Mandala Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Lion Air dan Wing Air.

"Sedangkan untuk maskapai penerbangan Batavia memang saat ini belum mengajukan tambahan penerbangan, namun jika belajar dari pengalaman tahun lalu kemungkinan mereka akan mengajukan juga terutama untuk tujuan Balikpapan," katanya.

Ia mengatakan, maskapai penerbangan penerbangan yang mengajukan tambahan penerbangan tersebut mayoritas dengan rute Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya, namun ada beberapa yang mengajukan dengan rute Yogyakarta-Banjarmasin yang diajukan Mandala Airline dan Yogyakarta-Batam yang kemungkinan akan diajukan Batavia Airlines.

"Penambahan penerbangan tersebut untuk keberangkatan meluiputi tanggal 17 hingga 19 September untuk arus mudik dan 24 hingga 26 September untuk arus balik," katanya.

Halindra mengatakan, selain itu kemungkinan juga pada tahun ini juga akan terjadi peningkatan jumlah penumpang terurtama untuk tenaga kerja Indonesia (TKI) maupun tenaga kerja wanita (TKW).

"TKI dan TKW mayoritas berasal dari Malaysia sehingga selain dengan penerbangan langsung internasional yang dilayani masakapai Malaysia Airlines dan Air Asia ada kemungkinan mereka akan melalui Batam dengan penerbangan domestik seperti Batavia Airlines," katanya.

Ia menambahkan, diprediksikan jumlah penumpang baik saat arus mudik maupun arus balik pada Lebaran tahun ini akan mencapai lebih dari 5.000 penumpang setiap hari.

"Rata-rata penumpang pada arus mudik dabn arus balik tahun ini akan mencapai 5.000 penumpang per hari dan prediksi kami jumlah penumpang akan didominasi pelajar dan mahasiswa yang belajar di Yogyakarta maupun siswa dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol) maupun Akademi Angkatan Udara (AAU) yang akan pulang kampung," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009