Monako (ANTARA News/AFP) - Pertandingan antara tim Spanyol, Villarreal melawan tim Italia, Lazio, akan menjadi salah satu laga yang menarik perhatian di tahap grup Liga Eropa setelah undian dilakukan di Monako, Jumat.

Klub-klub Spanyol yang bertanding melawan tim Italia menjadi perhatian utama dalam undian Liga Champions Kamis malam dan berlanjut hari Jumat dengan Villarreal bertemu Lazio di Grup G, yang juga terdiri atas Levski Sofia dari Bulgaria dan Salzburg dari Austria.

Tim Spanyol lainnya, Valencia berada di Grup B bersama Lille dari Prancis, Juara Ceko, Slavia Prague, dan Genoa dari Italia.

Valencia selamat dari jurang kebangkrutan musim lalu dan merupakan di antara tim favorit dalam kompetisi yangmereka juara di tahun 1962, 1963, dan 2004.

Sementara itu, juara Piala UEFA terakhir, Shakhtar Donets, berada satu grup dengan FC Bruges dari Belgia, Partizan Belgrade, dan Toulouse dari Prancis.

Tim Ukraina, Shakhtar, yang berhadapan dengan juara Liga Champions, Barcelona di final Piala Super Eropa Jumat malam, berada di Grup J di antara 12 pool yang terdiri atas empat tim.

"Grup ini merupakan grup keras, tetapi berangkali sedikit lunak dibanding lainnya," kata pelatih Toulouse, Alain Casanova. "Ada favorit kuat Shakhtar Donest, juara bertahan. Mengenai Partizan Belgrade, sepak bola Serbia selalu berkualitas, tetapi barangkali tidak seperti biasanya. Undian itu cocok bagi saya dan saya kira kami mempunyai kesempatan untuk lolos ke babak berikutnya."

Finalis tahun lalu, Werder Bremen dari Jerman, satu grup dengan Austria Viena, Athletic Bilbao, dan Nacional Madeira di grup L.

Tim Liga Utama Inggris, Everton, sementara itu, akan berhadapan dengan mantan juara Piala Eroppa, Benfica, di Grup I.

Klub Lisabon itu menjuarai Piala Eropa di tahun 1961 dan 1962 dan mencapai final Piala UEFA di tahun 1983. Dua klub lainnya yang tergabung dalam klub tersebut ialah AEK Athens dari Yunani dan BATE Borisov dari Belarusia.

Klub raksasa Skotlandia, yang disingkirkan Arsenal di tahap playoff Liga Champions seteah kalah agregat 5-1, berada satu grup dengan Hamburg, Hapoel Tel-Aviv, dan Rapid Vienna di Grup C.

Tim Turki Galatasaray berada satu grup dengan Panathinaikos dari Yunani, Ajax dari Belanda, dan Anderlecht dari Berlgia di Grup A.

Klub Inggris, Fulham akan bertandang ke Italia untuk bertanduing melawan Roma dan juga harus bertarung melawan tim Swiss, Basel dan CSKA Sofia dari Bulgaria di Grup E.

Pertandingan pertama tahap ini akan diselenggarakan hari Kamis, 17 September, dengan dua tim yang menemati posisi teratas di masing-masing grup maju ke babak 32 besar, ditambah delapan tim yang menempati posisi ketiga di tahap grum Liga Champions.

Berikut hasil undian Liga Eropa :


Grup A:

Ajax (Belanda)

Anderlecht (Belgia)

Dynamo Zagreb (Kroasia)

Timisoara (Romania)



Grup B:

Valencia (Spanyol)

Lille (Prancis)

Slavia Prague (Ceko)

Genoa (Italia)



Grup C:

Hamburg SV (Jerman)

Celtic (Skotlandia)

Hapoel Tel-Aviv (Israel)

Rapid Vienna (Austria)



Grup D:

Sporting Lisbon (Portugal)

Heerenveen (Belanda)

Hertha Berlin (Jerman)

Ventspils (Latvia)



Grup E:

AS Roma (Italia)

FC Basel (Swiss)

Fulham (Inggris)

CSKA Sofia (Bulgaria)



Grup F:

Panathinaikos (Yunani)

Galatasaray (Turki)

Dynamo Bucharest (Romania)

Sturm Graz (Austria)



Grup G:

Villarreal (Spanyol)

Lazio (Italia)

Levski Sofia (Bulgaria)

Salzburg (Austria)



Grup H:

Steaua Bucharest (Romania)

Fenerbahce (Turki)

Twente (Belanda)

Sheriff Tiraspol (Moldova)



Grup I:

Benfica (Portugal)

Everton (Inggris)

AEK Athens (Yunani)

BATE Borisov (Belarusia)



Grup J:

Shakhtar Donetsk (Ukraina)

FC Bruges (Belgia)

Partizan Belgrade (Sserbia)

Toulouse (Prancis)



Grup K:

PSV Eindhoven (Belanda)

FC Copenhagen (Denmark)

Sparta Prague (Ceko)

CFR Cluj (Romania)



Grup L:

Werder Bremen (Jerman)

Austria Vienna (Austria)

Athletic Bilbao (Spanyol)

Nacional Madeira (Portugal)(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009