Bengkulu (ANTARA News)- Pada 2010, Bandara Fatmmawati Soekarno Bengkulu akan dilengkapi dengan Runway Visual Range (RVR) yang berfungsi untuk melihat semua keadaan landasan pesawat sehingga pesawat dapat tinggal landas dan mendarat dengan aman dan lancar.

Nantinya perangkat sistem eletronik itu disimpan pada menara pemantau, sehingga bisa memonitor seluruh sasaran dan diperkuat beberapa kamera pemantau yang akan dipasang di landasan, kata Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu M Budi Kuntjuro di Bengkulu, Minggu.

RVR untuk melihat semua sudut landasan dalam jarak jauh, terlebih bila keadaan cuaca buruk akibat kabut atau turun hujan lebat.

Produk Amerika Serikat ini bisa memaksimalkan kinerja Instrumen Landing System atau ILS, sehingga banyak di pasang pada Bandara berstandar Internasional seperti Juwata Tarakan, Kaltim yang dibangun tahun 2007.

RVR juga alat meteorologi yang memberikan informasi jarak pandang maksimum di daerah sekitar runway, sekaligus salah satu alat kelengkapan ILS.

Jika selama ini untuk melihat jarak pandang dilakukan manual, dengan bantuan Badan Meteorologi dan Geofisika, tapi dengan adanya RVR pengamatan cuaca menjadi bisa lebih maksimal. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009