Spa-Francorchamps, Belgia, Belgia (ANTARA News/AFP) - Pembalap Finlandia, Kimi Raikkonen, memanfaatkan keberuntungannya untuk meraih kemenangan pertamanya bagi Ferrari tahun ini, ketika ia berhasil mengatasi tantangan keras dari pembalap veteran Italia, Giancarlo Fisichella, yang membalap untuk tim Force India pada Grand Prix Belgia yang dramatis, Minggu.

Kemenangan tersebut merupakan kemenangan ke-18 dalam karir juara dunia 2007 itu, tetapi merupakan kemenangan pertama sejak Grand Prix Spanyol 2008 dan merupakan penyegar bagi tim Ferrari setelah suatu tahun paceklik.

Balapan tersebut dibayangi oleh kecelakaan massal di putaran pembukaan. Kecelakaan tersebut memupuskan harapan Jenson Button, pimpinan kejuaraan umum, dan juara dunia bertahan, Lewis Hamilton dari McLaren Mercedes, untuk menjuarai balapan tersebut, karena mereka tidak bisa melanjutkan balatan tersebut.

Fisichella, yang hari Sabtu berhasil meraih start terdepan pertama bagi Force India, menempati posisi kedua dan selisih waktunya hanya terpaut sembilan persepuluh detik dari Raikkonen.

Ia meraih poin pertamanya bagi tim dan juga untuk pertama kalinya naik ke podium.

Pembalap Jerman, Sebastian Vettel, berada di posisi ketiga untuk Red Bull, sementara pembalap Polandia, Robert Kubica, berada di urutan keemat untuk BMX Sauber, di depan rekan satu timnya dari Jerman, Nick Heidfeld, dengan pembalap Finlandia, Heikki Kovalainen, di urutan keenam untuk McLaren Mercedes.

Barrichello berada di posisi ketujuh, karena harus memperbaiki mobilnya akibat kebocoran oli di putaran terakhir, dan pembalap Jerman, Nico Rosberg, ada di urutan kedelapan untuk Williams.

Setelah drama luar biasa pada sesi kualifikasi hari Sabtu, balapan 44 putaran tersebut bahkan menghasilkan tontotan yang lebih besar di putaran pembukaan.

Fisichella, yang menempati start terdepan, melakukan start secara mulus, tetapi di belakangnya terjadi kecelakaan beruntun.

Dalam kecelakaan awal, pembalap Ferrari, Raikkonen, bertabrakan dengan Kubica dari tim BMW, tetapi kecelakaan ini hanya merupakan awal dari kecelakaan kedua, ketika dua pembalap pendatang baru, yakni pembalap Prancis Romain Grosjean dari Renault dan pembalap Spanyol, Jaime Alguersuari dari Toro Rosso, bertabrakan dengan Button dan Hamilton.

Keempat pembalap itu tidak bisa melanjutkan balapan.

Jarno Trulli dan Fernando Alonso terpaksa mundur daribalapan setelah masing-masing mengalami masalah saluran bahan bakar dan ban mobil.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009