Kediri (ANTARA News) - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso terus melakukan safari, termasuk mendekati para ulama pencetus Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) di Pondok Pesantren Assa`idiyyah, Kediri, Jawa Timur.

"Kunjungan saya ke Kediri adalah bagian dari safari, untuk melihat potensi daerah sampai seberapa besar. Bukan hanya di Kediri yang saya datangi, tapi hampir semuanya sudah. Bahkan, di Kediri adalah yang terakhir," katanya di Kediri, Kamis.

Ia tidak menampik sedang mendekati para ulama di Kediri. Bahkan dalam kesempatan pertemuan dengan beberapa kyai pencetus PKNU tersebut Sutiyoso terang-terangan meminta doa restu untuk maju dalam pilihan presiden 2009 mendatang.

"Saya melihat Jawa Timur potensi terbesarnya adalah ulama. Dan sebagai santri, tidak mungkin lupa kepada gurunya" kata mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini menjabat Ketua Dewan Pembina Islamic Center tersebut.

Beberapa ulama PKNU di Pondok Pesantren Assa`idiyyah, Jalan Hos Cokroaminoto, Kota Kediri. Beberapa kyai yang datang antara lain KH.Anwar Iskandar (pengasuh Pondok Pesantren Assa`idiyyah), KH.Idris Marzuki (Pengasuh Ponpes Lirboyo) Kediri, Kh.Zainuddin Djazuli dan KH.Nurul Huda Djazuli (Pengasuh Ponpos Ploso), Kabupaten Kediri.

Sementara itu, KH.Idris Marzuki yang ditemui usia pertemuan di pondok tersebut mengaku, pihaknya tidak keberatan jika Sutiyoso mendekati para ulama PKNU.

"Saya tidak ada masalah jika dia (Sutiyoso) mendekati PKNU," kata kyai yang juga pendiri PKNU tersebut.

Tapi, ia mengaku sampai saat ini masih dalam tahap komunikasi dengan Sutiyoso dan masih belum ada pembicaraan serius tentang pencalonannya dalam pilpres 2009 nanti.

"Sampai saat ini masih belum ada pembicaraan serius. Datang ke Kediri juga hanya untuk silaturahim saja," kata pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo itu.

Usai sekitar 30 menit di lokasi pondok tersebut, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Pondok Pesantren Ploso, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Tujuannya juga sama, untuk silaturahim.

Sebelumnya, Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos tersebut berkunjung ke Universitas Islam Kadiri (Uniska) menjadi pembicara dalam seminar tentang kebangsaan. Usai itu, langsung mengadakan pertemuan dengan para kyai di Pondok Pesantren Assa`idiyyah, dan Ploso. Malam harinya, direncanakan Bang Yos akan mengisi seminar tentang kebangsaan juga oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kediri di Grand Surya Hotel.

Kunjungan ke pesantren ini adalah yang kedua di Jawa Timur, setelah sebelumnya berkunjung ke pesantren Bahrul Ulum di Jombang.masak. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009