La Canada Flintridge, Kalifornia (ANTARA News) - Kebakaran meluas tanpa terkendali menghantam bukit di kaki gunung Los Angeles dan menerobos ke hutan, Ahad, mengancam 10.000 rumah dan bergerak ke pusat telekomunikasi penting.

Gubernur Kalifornia Arnold Schwarzenegger mengunjungi daerah yang terbakar dan memperingatkan penduduk agar mematuhi perintah evakuasi karena api "sangat berbahaya" yang membakar lebih dari 2.832 hektar sejak siang dan seluruhnya telah membakar 17.1999 hektar.

Kebakaran terlihat 24 kilometer di atas bukit di pinggir gunung yang banyak penduduk, tempat sekitar 2.000 rumah dikosongkan. Paling tidak 18 rumah terbakar tetapi sebagian besar diperkirakan adalah pondok di satu ngarai desa yang dihuni.

Pada malam hari para petugas pemadam kebakaran memusatkan perhatian mereka pada Gunung Wilson, lokasi menara-menara transmisi untuk televisi dan radio dan pelayanan darurat.

Pesawat menyemprotkan air di daerah itu dan para pejabat mengatakan kebakaran dapat mencapai ke sana dalam beberapa jam ke depan.

Lebih dari 2.500 petugas pemadam kebakaran berada di lapangan, mereka datang dari Wyoming dan Montana berusaha membangun lebih dari 160 kilometer garis perlindungan kebakaran.

Di daerah pinggiran La Crescenta jalan-jalan sepi Ahad petang kecuali ada sejumlah penduduk yang mengungsi membawa kopor-kopor dan harta milik mereka dengan berjalan kaki.

Bob Sebesta, 47 tahun, duduk melihat api menghantam punggung bukit dari rumahnya, yang telah dikosongkan Sabtu malam.

Kebakaran itu dimulai Rabu di daerah permukiman eksklusif La Canada Flintridge yang hanya lima persen dihuni dan para pejabat memperkirakan, dengan temperatur panas dan kelembaban yang rendah kabakaran akan meluas. Penyebab kebakaran itu sedang diselidiki.

Para wakil komandan polisi Ahad petang mendesak penduduk meninggalkan daerah itu dan tampaknya sebagian besar mereka mematuhi perintah itu.

Helikopter-helikopter terbang di atas permukiman itu selama beberapa hari, membawa air untuk dijatuhkan di sepanjang daerah yang banyak rumah yang terancam api.

Empat petugas pemadam kebakaran cedera dan tiga warga sipil mengalami luka bakar, termasuk dua luka bakar parah.

Banyak pemilik rumah yang mengungsi Jumat dan Sabtu pulang pada Ahad setelah satu semprotan air oleh pesawat dan kebakaran mereda menyelamatkan rumah-rumah mereka, banyak di antaranya bernilai jutaan dolar.

Akibat kebakaran aliran listrik untuk sekitar 250 pelanggan putus.

Schwarzenegger mengumumkan keadaan darurat di Los Angeles pekan lalu untuk menghadapi empat kebakaran di daerah itu.

Pada Ahad, katanya, ada delapan kebakaran besar yang melanda seluruh negara bagian itu. Seluruhnya 22.257 hektar hutan telah terbakar. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009