WELLINGTON, 31 Agustus (ANTARA/NZPA-AsiaNet) -- Bruce Langoulant, Presiden Konfederasi Organisasi Meningitis (CoMO), memuji Pemerintah Hong Kong dalam hal penyertaan vaksin baru pada Program Imunisasi Masa Kanak-Kanak (CIP).

     Vaksin Konjugat Radan Paru 7-valent, yang tersedia mulai hari ini, akan melindungi semua anak di Hong Kong yang lahir setelah 1 September 2007 dari Penyakit Radang Paru Invasif (IPD).

     "Penyertaan vaksin ini pada program imunisasi masa kanak-kanan merupakan hal penting yang signifikan bagi Hong Kong dan anak-anaknya," kata Langoulant. "IPD adalah penyakit yang menghancurkan, dan kematian hanya seorang anak amatlah mahal harganya apabila vaksin telah tersedia," kata Langoulant.

     "Dengan memberikan vaksin ini, tanpa dipungut biaya, kepada bayi di seluruh Hong Kong dan Macau sebagai bagian dari program imunisasi regulernya, Pemerintah Hong Kong melindungi secara proaktif anak-anak kecil dari penyakit yang dapat merenggut nyawa seorang anak dalam waktu 24 jam setelah tanda dan gejala awal infeksi ini," tambah Langoulant.

     Hong Kong adalah kawasan pertama di Asia yang memberikan secara cuma-cuma Vaksin Konjugat Radang Paru 7-valent kepada bayi yang lahir pada atau setelah 1 September 2007. Kira-kira 70.000 bayi diperkirakan akan diimunisasi tiap tahun.

     "Banyak pemerintah di seluruh Asia masih meninjau kembali data dan menaksir biaya melaksanakan program imunisasi nasional, namun Hong Kong berinisiatif melindungi anak-anak mereka dari penyakit ini," ujar Langoulant. "Kami mengimbau pemerintah negara lain di Asia mengikuti jejak Hong Kong."

     Berita terkait dengan program imunisasi Hong Kong disambut baik oleh CoMO dan khususnya penting, karena Konferensi Global CoMO pertama yang akan diselenggarakan di kawasan Asia Pasifik akan digelar di Hong Kong pada awal Oktober.

     Konferensi CoMO akan menyatukan organisasi dan kelompok pasien dari seluruh dunia yang berupaya meningkatkan kesadaran akan penyakit seperti meningitis dan IPD serta memberi dukungan kepada keluarga dan sumber daya pendidikan.

     Dengan menggelar konferensi global di Asia, CoMO bermaksud meresmikan hubungan dan memberi jaringan kuat bagi pengembangan di masa mendatang organisasi meningitis di kawasan tersebut.

     "Kami gembira atas peluang melihat program imunisasi IPD diberlakukan dan merayakan bersama orang-orang yang telah bekerja keras melihat penyertaan vaksin ini pada program imunisasi masa kanak-kanak," tambah Langoulant.

     Untuk keterangan lebih lanjut atau untuk berkoordinasi dan wawancara dengan Presiden CoMO, Bruce Langoulant, silakan hubungi: Andrea Brady - andreabrady01@gmail atau +64 212 545 324.

     LEMBARAN FAKTA - Konfederasi Organisasi Meningitis (CoMO)

     Konfederasi Organisasi Meningitis (CoMO) didirikan pada 2004 untuk menjadi suara global organisasi dan kelompok pasien yang terus dibentuk untuk meningkatkan kesadaran akan meningitis dan septicaemia (peracunan darah) serta menjamin dukungan bagi para penderitanya.

     CoMO didirikan pada penutupan Konferensi Dunia Organisasi Meningitis tahun 2004. Konferensi ini, yang dihadiri oleh 43 delegasi yang mewakili 20 organisasi meningitis dan kesehatan anak dari 14 negara, membolehkan para peserta mengetahui dan berbagi praktik terbaik tentang pendidikan, kesadaran dan program dukungan.

     Didorong oleh informasi yang terbagi pada pertemuan tersebut, 20 delegasi yang mewakili beragam kelompok meningitis dan penasihat, membentuk CoMO untuk ikut mendukung upaya memerangi meningitis dengan menekankan beban global penyakit ini serta mendukung organisasi meningitis dan kesehatan anak baru.

     CoMO kini terdiri atas 26 organisasi meningitis dan kesehatan anak serta 7 penasihat perorangan dari seluruh dunia.

     CoMO membantu organisasi anggota untuk menjadi sumber informasi dan jasa dukungan yang berkesinambungan, dapat dikenali, dan berpengaruh bagi penderita meningitis di kawasannya. Mereka disatukan dalam upaya kerasnya di seluruh dunia melalui keanggotaannya di CoMO, dan oleh komitmennya terhadap pemberantasan meningitis dan septicaemia.

     Meningitis dan septicaemia menewaskan dan mencederai ribuan orang di seluruh dunia tiap tahun.

     Meningitis adalah nama yang diberikan kepada radang selaput, bernama meninge, yang meliputi dan melindungi otak dan saraf tulang belakang. Ia dapat disebabkan oleh banyak organisme termasuk bakteri, virus dan jamur. Beberapa bakteri ini juga dapat menyebabkan septicaemia dan juga meningitis.

     Vaksin merupakan satu-satunya cara untuk mencegah meningitis akibat bakteri dan terdapat sejumlah vaksin untuk beberapa jenis bakteri. Tetapi, hingga ada vaksin terhadap seluruh bakteri, harus diketahui tanda dan gejala serta tindakan yang akan diambil.

     Media memainkan peranan penting dalam membantu CoMO mendidik orangtua dan praktisi perawatan kesehatan tentang tanda dan gejala meningitis dan septicaemia, serta memberitahu mereka akan jasa dukungan.

     Untuk keterangan tentang CoMO dan anggotanya di kawasan Anda, silakan hubungi: www.comoonline.org

     SUMBER: Konfederasi Organisasi Meningitis (CoMO)


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009