Bogor (ANTARA News) - Tiga mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengikuti kongres dunia "International Association of Students in Agricultural and Related Sciences" (IAAS) yang berlangsung di Meksiko pada 19 Juli hingga 8 Agustus 2009.

Juru Bicara IPB Ir Henny Windarti, MSi di Bogor, Selasa, menjelaskan, keberangkatan delegasi Indonesia untuk mengikuti kongres dunia itu adalah mewakili IAAS Indonesia untuk ikut serta mengambil keputusan dalam majelis umum (General Assembly) terkait dengan pelaksanaan IAAS di berbagai negara.

"Selain itu juga untuk mempromosikan Indonesia, terutama mengenai pariwisata dan pertanian, karena Indonesia akan menjadi penyelenggara kongres dunia ke-53 IAAS pada tahun 2010," katanya.

Mahasiswa IPB yang dikirim ke Meksiko itu adalah Denis Andreas, dari Departemen Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Titis Anugraheni Putri Apdini dari Departemen Nutrisi Pakan, Fakultas Peternakan dan Purnawati Hustina Rachman dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia.

Ia menjelaskan bahwa kongres dunia IAAS merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh salah satu negara anggota yang tergabung dalam "IAAS World".

Mengenai tema yang diusung pada kongres dunia di Meksiko itu adalah "Biodiversity Now, Food Tomorrow" dimana seluruh peserta kongres, yakni sebanyak 62 mahasiswa dari 15 negara, mengikuti serangkaian kegiatan terkait dengan tema tersebut.

Pada kongres itu, delegasi Indonesia juga menyampaikan paparan mengenai persiapan kongres dunia IAAS di Indonesia pada tahun 2010.

Melalui kegiatan itu, katanya, diharapkan para peserta mengetahui berbagai macam sistem pertanian pada masing-masing negara sehingga sehingga mampu lebih peka dalam menganalisis isu-isu pertanian global.

Wakil Indonesia pada kongres itu juga berkesempatan untuk menghadiri berbagai macam seminar dan lecture session seperti seminar mengenai "Plant Nutrition" dan "Amaranthum" (Holy Grain of Mexicans. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009