Islamabad (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Pemimpin organisasi terlarang, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), Hakimullah Mehsud, yang menggantikan Baitullah Mehsud, juga tewas setelah kematian Mehsud, kata jaringan televisi setempat, Aaj News TV, Selasa.

Sumber itu mengungkapkan bahwa dalam wawancara lewat telpon dengan BBC Urdu atas nama Hakimullah sebetulnya bukan suara Hakimullah tapi adalah suara saudaranya.

Dilaporkan, Hakimullah Mehsud mengundang BBC Urdu pada hari yang lain dan mengkonfirmasi kematian Baitullah Mehsud akibat serangan rudal AS pada awal Agustus.

Menurut sumber itu, motif di belakang penyembunyian berita kematian Hakimullah adalah untuk melindungi TTP dari konflik internal.

Hakimullah Mehsud, dalam usia 20-an tahun, dinyatakan sebagai pengganti Baitullah Mehsud, pemimpin organisasi terlarang tersebut pada akhir Agustus. Ia sebelumnya berperan sebagai jurubicara Baitullah Mehsud merangkap ketua TTP di wilayah kesukuan Orakzai dan Khyber.

Laporan baru-baru ini mengatakan Hakimullah tewas pada 8 Agustus akibat bentrok bersenjata antara dua faksi TTP saat pertemuan untuk memilih pemimpin baru untuk wilayah kesukuan Waziristan Selatan, Pakistan baratlaut.(*)

Pewarta:
Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2009