Jakarta (ANTARA News) - Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak pukul 20.00 WIB Selasa malam hingga Rabu dinihari sempat menimbulkan genangan air di sejumlah ruas jalan ibu kota bahkan ketinggian air di sejumlah wilayah naik.

Dari pantauan ANTARA, hujan lebat melanda sejumlah wilayah Jakarta, Selasa (1/9) malam mengakibatkan banjir dan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, ketinggian air sudah mendekati ketinggian 25 sentimeter.

Ruas jalan I Gusti Ngurah Rai yang belum lama diperbaiki, digenangi air dengan ketinggian berkisar 20 hingga 30 sentimeter. Arus lalu lintas terhambat karena di bawah sejumlah jembatan flyover, pengendara motor berteduh hingga memakan bahu jalan, akibatnya, kemacetan tak terhindarkan

Di kawasan Kayumas, Jakarta Timur, hujan deras membuat ketinggian air mencapai mata kaki orang dewasa bahkan beberapa warga mulai khawatir jika hujan tidak berhanti, air akan masuk ke dalam rumah.

"Air sempat akan masuk rumah tapi turun lagi, tingginya semata kaki," ujar Hermanto seorang warga setempat menuturkan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, wilayahnya memang menjadi langganan banjir pada setiap musim hujan tiba, bahkan air di selokan sekitar rumahnya mulai naik karena banyaknya sampah dan kotoran yang menyumbat.

"Kita sudah sering kerja bakti membersihkan selokan. Kalau tinggi kita mulai beres-beres dan pindahin barang kamar atas," kata Hermanto.

Sementara di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, hujan yang turun sejak pukul 09.00 WIB sempat menyebabkan air di kali Kelapa Nias terlihat sudah naik dari ketinggian normal.

"Hujan deras dari pukul 09.00 WIB sempat angin dan petir sekarang sudah mereda. Kali Kelapa Nias menaik, tapi air tidak sampai ke jalan-jalan," kata Yanti, warga Komplek Nias, Kelapa Gading.

Sementara itu Traffic Manajemen (TMC) Polda Metro Jaya, Rabu melaporkan pada Rabu dinihari sekitar pukul 01.20 sebuah mobil boks yang tengah melaju di tol Gedong Panjang arah Pluit, Jakarta Utara, terbalik.

Dalam kecelakaan tunggal yang terjadi di Tol Gedong Panjang mengarah ke Pluit, tepatnya di Km 22 yang menimpa mobil bernopol B 9818 KT itu tak ada korban jiwa.

Sementara itu pada waktu hampir bersamaan, kecelakaan juga menimpa pengemudi sedan bernopol B 223 B di Tol Mpu Tantular ke arah Tanjung Priok. Mobil yang dia kendalikan menabrak gardil di Km 21 yang mengakibatkan pengemudinya luka ringan dan dibawa ke rumah sakit terdekat.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009