Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran terbaik nasional Nova Widianto/Liliyana Natsir diharapkan masih dapat diandalkan hingga Asian Games 2010 yang akan berlangsung di Guangzhou, China pada12-27 November 2010.

"Kalau melihat latihannya yang sungguh-sungguh serta komitmennya Nova masih punya kemampuan sampai Asian Games," ujar pelatih ganda campuran Richard Mainaky saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Oleh karena itu, tambah Richard, dipasangkannya Liliyana dengan Muhammad Rijal di Taiwan Terbuka pekan lalu dan kemungkinan akan dicoba dipasangkan dengan pemain lain, bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada pemain spesialis ganda tersebut.

"Liliyana selama ini belum punya `leadership` karena dia selalu berada dalam bimbingan Nova. Kalau dipasangkan dengan pemain muda, diharapkan setelah beberapa kali dicoba akan muncul (jiwa kepemimpinannya). Itu akan membuat pasangan Nova-Liliyana lebih solid," katanya.

Selain dengan Rijal di Taiwan Terbuka yang berakhir di perempatfinal, Liiyana rencananya juga akan dicoba berpasangan dengan pemain ganda campuran lainnya seperti Tantowi Ahmad dan Devin Lahardi.

Akan tetapi karena jadwal turnamen Super Series pada akhir tahun cukup padat, Richard mengatakan rencana tersebut baru dapat dilaksanakan kembali pada awal tahun depan karena untuk turnamen Super Series Liliyana akan tetap tampil bersama Nova.

Turnamen terdekat yang akan mereka ikuti adalah Jepang Terbuka Super Series pada 22-27 September, dan setelah itu direncanakan mengikuti dua turnamen Super Series Eropa, Denmark (20-25 Oktober) dan Prancis (27 Oktober - 1 November) serta dua Super Series terakhir, Hong Kong (10-15 November) dan China Terbuka (17-22 November).

Sejak tersingkir pada perempatfinal Indonesia Terbuka Super Series Juni lalu, Nova mengakui kemampuannya sudah mengalami penurunan dan menyarankan agar Liliyana disiapkan untuk berpasangan dengan pemain lain.

Peringkat pasangan yang tahun ini baru meraih satu gelar di Malaysia Super Series itu juga turun ke urutan dua setelah cukup lama menduduki peringkat satu dunia.

Namun Nova, yang bersama Liliyana berhasil duakali meraih gelar juara dunia (2005 dan 2007) serta meraih medali perak Olimpiade Beijing, pada kesempatan yang sama mengatakan masih dapat diandalkan hingga Asian Games.

Mereka juga rencananya akan memperkuat tim SEA Games 2009 yang akan berlangsung akhir tahun ini di Laos.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009