Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tinggi gelombang di Samudra Hindia Selatan Lampung berkisar 4,0 hingga 5,0 meter.

Prediksi BMKG berlaku dari Senin pukul 19.00 WIB hingga Selasa (8/9) pukul 07.00 WIB itu juga menyebutkan gelombang serupa berpeluang di Laut Andaman, Perairan Selatan Banten, dan Laut Cina Selatan.

Sementara gelombang setinggi 2,0-3,0 meter, kemungkinan dapat terjadi di Perairan Barat Aceh hingga Sumatra Barat, Perairan Selatan Jawa Tengah hingga NTB, Laut Natuna, dan Selat Karimata.

Sedangkan gelombang setinggi 3,0-4,0 meter dapat terjadi di Perairan Utara Aceh, Perairan Enggano, Perairan Barat Bengkulu bagian Selatan, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan dan Perairan Selatan Jawa Barat.

BMKG juga menginformasikan cuaca berawan sebagian sampai banyak dan hujan dengan intensitas sedang kadang-kadang disertai badai guntur dapat terjadi di Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Teluk Thailand, Laut Andaman, Samudra Hindia Barat Mentawai, Laut Philipina, dan Samudra Pasifik Utara Solomon.

Cuaca berawan sebagian sampai berawan dan hujan ringan atau hujan lokal dapat terjadi di Selat Malaka, Perairan Aceh bagian Barat, Samudra Hindia Barat Daya Bengkulu, Samudra Hindia Barat Daya Enggano, Samudra Hindia Selatan Jawa, Teluk Cendrawasih, Samudra Pasifik Utara Papua Nugini dan Laut Solomon.

Selain itu, angin di atas wilayah Perairan Indonesia, sebelah Utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah Selatan sampai Barat Daya dan di sebelah Selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah Timur sampai Tenggara, kecepatan angin berkisar antara 5 dan 25 knot.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini yakni untuk waspada pada hujan deras disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di Pesisir Barat Sumatra, Sumatra bagian Utara dan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa bagian Barat, Sulawesi bagian Tengah, Maluku bagian Utara, Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Timur bagian Utara.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009