Berlin (ANTARA News/AFP) - Kiper Jerman Robert Enke tidak bisa tampil pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Azerbaijan, Selasa, karena terserang virus misterius, sementara pelatih Joachim Loew kemungkinan bakal kembali memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda.

Enke yang merupakan kiper utama Jerman terkena suatu infeksi. Posisinya akan digantikan Rene Adler untuk pertandingan di Hanover, setelah kiper Bayer Leverkusen itu tampil bagus ketika Jerman mengalahkan Afrika Selatan 2-0 dalam laga persahabatan.

"Saya sungguh kecewa, tapi saya belum merasa cukup sehat," kata Enke (32) kepada tabloid Jerman Bild, Selasa.

"Dengan ketidakpastian ini, saya tidak dapat ikut pertandingan kualifikasi Piala Dunia," katanya.

Dengan efektifnya formasi 4-3-3 saat menghadapi Afsel, maka kemungkinan pemain sayap Marko Marin dan Mesut Oezil mendapat kesempatan lagi.

Jerman perlu memenangi pertandingan melawan Azerbaijan itu untuk mempertahankan posisi di puncak Grup Empat. Laga berikutnya Jerman adalah melawan tuan rumah Rusia 10 Oktober mendatang.

Azerbaijan yang dilatih Berti Vogts diperkirakan tidak akan menyulitkan Jerman. Mereka bersama Liechtenstein masih berada di peringkat bawah Grup Empat.

Striker Bayern Munich Mario Gomez diharapkan dapat fit setelah ototnya sempat tertarik saat pertandingan hari Sabtu lalu.

Pemain berusia 24 tahun ini telah menjalani ronsen dan tidak ada cedera yang serius, sementara rekannya Miroslav Klose bakal duduk di bangku cadangan lagi.

Saat menghadapi Afsel Loew memasang Gomez sebagai striker tunggal, dengan didukung oleh Marin dan Oezil.

Namun Loew membantah jika dianggap telah mencampakkan Klose yang sudah mencetak 45 gol dalam 90 pertandingan itu.

Mengingat ada ujian lebih berat pada pertandingan berikutnya, Loew merasa mengistirahatkan striker berusia 31 tahun itu, yang pada Piala Dunia lalu menjadi pencetak gol terbanyak.

"Kami tahu apa yang bisa ia lakukan, dan ia selalu tampil bagus untuk tim nasional," kata Loew.

Kapten tim Jerman Michael Ballach juga menghapus segala keraguan tentang Klose.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009