Jakarta,10/9 (ANTARA) - TASIKMALAYA - Posko Utama PKPU di Cikalang Tawang, Tasikmalaya mendapat tamu istimewa, yaitu kehadiran Ketua Bappenas Paskah Suzeta didampingi Wakil Bupati Tasikmalaya, H. Endang Hidayat BA, Rabu (9/9/2009)

     Mereka berdua berkesempatan mengunjungi Posko PKPU dan berbincang dengan Direktur Pendayagunaan PKPU, Tomy Hendrajati. Keduanya, mendapatkan penjelasan yang cukup tentang berbagai aksi yang telah dilakukan Tim Rescue PKPU saat tanggap darurat

     Setelah itu, Tomy juga mengajak rombongan untuk meninjau beberapa titik pengungsi yang ditangani langsung PKPU sambil menjelaskan program rehabilitasi PKPU, yang sudah dimulai dengan pembangunan rumah darurat bagi korban gempa.

     Disaat bersamaan, Posko PKPU di Cigalontang dan Cisayong menerima 15 dus cream anti nyamuk dan 350 selimut, tikar dan 100 pak makanan suplemen dari donatur untuk disampaikan kepada warga korban gempa.

     Saat ini PKPU sedang mengkoordinasikan pembuatan rumah darurat dengan para korban gempa. Walaupun jumlah bantuan rumah darurat tahap awal hanya berjumlah 50 unit namun dengan adanya proses musyawarah mufakat, semoga masyarakat korban gempa juga bisa saling berpartisipasi dan bisa memprioritaskan peruntukan pembangunan rumah darurat ini kepada para korban yang lebih berhak menerimanya terlebih dahulu.

     Aktivitas dapur umum dan sentra outbound, masih berjalan dengan baik, dan tim assesment yang diturunkan PKPU, juga sudah mulai mendata ulang kerusakan fisik yang menimpa sekolah dan madrasah. Pendataan ini penting untuk melihat sejauh mana upaya pengembalian proses belajar mengajar di sekolah dan madrasah yang hancur dapat segera dimulai.

     Selanjutnya ditempat terpisah, Tim Watsan (Water Sanitasion) yang dikirimkan PKPU juga mulai memetakan, dititik-titik mana saja kebutuhan air bersih harus segera dibangun agar kebutuhan air bersih masyarakat korban gempa dapat segera teratasi.

     Sedangkan untuk Posko Cianjur dan Pengalengan aktivitas dapur umum dan distribusi bantuan logistik tetap berjalan dengan baik. Di kedua posko tersebut PKPU juga sudah mulai melakukan assesment untuk program-program rehabilitasi.

     Begitu pula dengan Posko PKPU yang berada di Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak,Kuningan, masyarakat sangat berharap kepada PKPU untuk bisa membantu mereka dalam tahap rehabilitasi ini terutama untuk membantu perbaikan rumah mereka.

     Dalam masa rehabilitasi ini PKPU juga secara intensif akan mengadakan roadshow trauma healing dengan menghadirkan para pendongeng yang juga didampingi oleh tim psikologi agar taruma yang dialami oleh sebagian besar anak-anak dan kaum wanita dapat lebih cepat teratasi.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Cecep Y Permana, Media Center Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Jl.Raya Condet No.27 G Batu Ampar Jakarta Timur telepon :(021) 87780015 web :www.pkpu.or.id

 


Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009