New York (ANTARA News/AFP) - Indeks utama Wall Street melonjak ke posisi tertinggi baru 2009 pada Kamis waktu setempat, karena berita perusahaan optimis dan umumnya data ekonomi positif membantu memperpanjang kenaikan untuk hari kelima.

Terlepas dari pembukaan yang kurang bersemangat, indeks Dow Jones Industrial Average naik 78,30 poin (0,82 persen) ke 9.625,52 pada bel penutupan.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq terangkat 23,63 poin (1,15 persen) ke 2.084,02 dan indikator pasar lebih luas indels Standard & Poor`s 500 naik 10,63 poin (1,03 persen) ke awal penutupan 1.044,00.

Tindakan pasar terjadi setelah data menunjukkan defisit perdagangan AS meningkat tajam pada Juli, karena volume perdagangan meningkat dan impor melonjak. Departemen Perdagangan melaporkan kesenjangan perdagangan melompat menjadi 32,0 miliar dolar AS, naik dari revisi 27,5 miliar dolar AS pada Juni.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan klaim pengangguran AS yang baru turun menjadi 550.000 pada sepekan lalu dalam tanda penyembuhan lebih lanjut di pasar tenaga kerja yang kritis.

Jennifer Lee di BMO Capital Markets mengatakan, laporan itu sebagian besar positif.

"Jumlah klaim memberikan harapan, dan memberikan kesan bahwa langkah yang menyakitkan PHK akan terus berkurang, perlahan-lahan," katanya.

"Dan angka impor yang mengesankan, jika mereka terus naik, mengarah ke sebuah kenaikan dalam pengeluaran konsumen AS."

Analis di Charles Schwab & Co mengatakan suasana hati dibantu oleh revisi naik prospek keuntungan dari perusahaan-perusahaan kunci seperti grup produk konsumen Procter & Gamble dan pembuat semikonduktor Texas Instruments.

"Banyaknya perusahaan menerbitkan panduan penghasilan yang meningkat pagi ini telah memberikan Wall Street sebuah tembakan di lengan," kata analis Schwab dalam sebuah catatan kepada kliennya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009