ANTARA gelar tes cepat bagi media diapresiasi

ANTARA gelar tes cepat bagi media diapresiasi

Pemimpin Umum Rakyat Merdeka Ratna Susilowati di Jakarta, Senin (8/6/2020) (ANTARA/Devi Nindy)

Kami berterima kasih kepada Perum LKBN Antara
Jakarta (ANTARA) - Manajemen Rakyat Merdeka mengapresiasi Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara karena menggelar tes cepat (rapid test) bagi insan media yang bertugas di lapangan selama masa pandemi COVID-19.

"Kami berterima kasih kepada Perum LKBN Antara, karena wartawan Rakyat Merdeka diberi kesempatan untuk diikutkan dalam program 'rapid test,'" ujar kata Pemimpin Umum Rakyat Merdeka, Ratna Susilowati, di Jakarta, Senin.

LKBN ANTARA menggelar tes cepat untuk insan pers, pertama di kantor Rakyat Mereka, Jakarta.

​​​Sebanyak 37 insan pers Rakyat Merdeka tercatat mengikuti tes cepat persembahan LKBN ANTARA itu untuk memastikan kondisi kesehatan mereka.

Ratna menyebutkan, selama masa pandemi COVID-19, wartawan Rakyat Merdeka hanya dikhususkan meliput di lokasi-lokasi strategis informasi.

Baca juga: LKBN Antara gelar tes cepat untuk insan pers

Dengan kondisi seperti itu, wartawan Rakyat Merdeka diwanti-wanti untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan menggunakan masker, membawa penyanitasi tangan dan pulang lebih cepat usai peliputan.

Meski para wartawan yang diterjunkan sepenuhnya dalam keadaan sehat, namun risiko kesehatan selama meliput di masa pandemi juga membayangi wartawan.

"Terus terang penempatan wartawan sulit, harus tetap bekerja memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Tetapi di sisi lain, kami tetap melindungi wartawan kita," ujar Ratna.

Maka, pemenuhan kebutuhan informasi dan mitigasi kesehatan para wartawan secara cepat di masa pandemi dengan tes cepat, menjadi hal yang meringankan.

"Kami senang dan berterima kasih, karena ANTARA ikut peduli pada kami, wartawan yang berada di lapangan," ujar Ratna.

Baca juga: LKBN ANTARA rencanakan tes cepat untuk pers daerah di episentrum

Salah satu wartawan Rakyat Merdeka, Patra Rizky merasakan manfaat dari tes cepat gratis yang diselenggarakan LKBN ANTARA.

"Biasanya mau ikut rapid test gratis di luar, sering kehabisan kuota. Tapi, karena ini diselenggarakan ANTARA di kantor sendiri, jadi sebaiknya dimanfaatkan," ujar pria yang biasa meliput di Gedung DPR.

Tes cepat pertama persembahan LKBN ANTARA telah dilaksanakan di kantor pers Rakyat Merdeka untuk para wartawan di lapangan dan karyawan.

Selain itu, tes cepat direncanakan digelar untuk sejumlah media di antaranya Kumparan, Tirto, IDN Times, Femina, The Jakarta Post, Dewan Pers dan PWI Pusat.

Kegiatan tersebut dijadwalkan mulai 8 Juni - 19 Juni 2020. Prosedur tes cepat dilakukan oleh tenaga medis dari Kantor Berita Antara dengan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19, dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), menerapkan kebijakan menjaga jarak fisik, serta mewajibkan seluruh peserta untuk mengenakan masker.

Baca juga: Empat terdakwa pengeroyok wartawan ANTARA divonis lima bulan penjara

Sebanyak 40 insan pers dari tiap media diharapkan mengikuti pelaksanaan tes yang akan digelar di kantor media masing-masing secara bergiliran.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar