Xi`an,(ANTARA News) - Sebanyak dua orang telah ditahan karena diduga menjarah 14 patung batu kepala Buddha yang berusia 1.000 tahun dari satu kuil di Provinsi Shaanxi,RRC kata seorang pejabat Sabtu.

Tersangka ketiga, yang membawa semua patung kepala Buddha tersebut, masih berkeliaran. Semua barang itu termaktub di dalam daftar warisan budaya nasional yang harus dilindungi, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Ketiga pria tersebut berpura-pura menjadi wisatawan dan memasuki Ruang Buddha Wan`an di Kabupaten Huangling sekitar pukul 17.30 waktu setempat Jumat. Mereka mengikat dan memukuli tiga pegawai kuil itu, serta merampas uang kontan dan telefon genggam mereka.

Lalu, ketiga tersangka tersebut memotong kepala 14 patung Buddha, semuanya berdiameter sampai 15 centimeter tinggi, yang dibuat selama masa Dinasti Song (960-1127), dan melarikan diri, kata Wang Chunmei, Direktur Kantor Pers di kabupaten itu, Sabtu.

Polisi membekuk Zhang Yingjie dan Zhang Mingqiang sekitar pukul 20:00 waktu setempat pada hari yang sama, setelah menerima laporan mengenai penjarahan itu, tapi tersangka ketiga, yang membawa semua patung kepala Buddha tersebut, masih berkeliaran, kata Wang.

Beberapa personil polisi telah menutup kuil itu, memburu tersangka ketiga dan menanyai kedua tersangka di dalam tahanan polisi.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009