Brussels, (ANTARA News) - Berikut ini petunjuk untuk mengamati pertandingan babak penyisihan grup putaran pertama kompetisi Liga Champions 2009-10 yang berlangsung Selasa dan Rabu malam waktu setempat, sebagaimana dikutip dari Reuters.

GRUP A - Bayern Munich, Juventus, Girondins Bordeaux,

Maccabi Haifa

Bayern dan Juve memiliki nasib berlainan dalam kompetisi domestik menjelang pertandingan Liga Champions. Bayern memenangi dua dari lima laga Bundesliga dan Juve yang mendapat inspirasi dari pemain yang baru dikontrak, Diego, memenangi tiga laga awal kompetisi Seri A.

Kedatangan Arjen Robben di Munich selayaknya membangkitkan semangat juara 2001 yang dilatih Laurent Blanc, sedangkan juara Prancis Bordeaux diperhitungkan akan membuat kejutan.



GRUP B - Manchester United, CSKA Moscow, Besiktas, VfL

Wolfsburg

Perjalanan United yang tidak terkalahkan dalam 25 laga di Liga Champions diakhiri Barcelona pada final musim lalu dan tidak pernah kalah dalam pertandingan tandang sejak 2007.

Akan terlihat bagaimana kekalahan Cristiano Ronaldo itu berakibat pada perjalanan juara 2008 itu ke Rusia dan Turki. Juara Jerman Wolfsburg yang selalu mengejutkan akan membuat tekanan dalam debut mereka pada penyisihan grup itu.



GRUP C - AC Milan, Real Madrid, Olympique Marseille, FC

Zurich

Pengharapan amat tinggi seperti di langit bagi Real Madrid yang mahal, diisi pemain berbakat Ronaldo seharga 250 juta (365 juta dolar), Karim Benzema dan Xabi Alonso, sedangkan kepindahan Kaka dari

Milan ke Madrid membuat pertemuan kedua klub itu menjadi amat tajam.

Real kalah pada putaran 16 besar untuk kelima kalinya pada musim lalu tetapi sudah memberi semacam insentif untuk penampilannya di kandang sendiri di Bernabeu.



GRUP D - Chelsea, Porto, Atletico Madrid, APOEL Nicosia

Carlo Ancelotti berusaha menjadi pelatih Chelsea kedua setelah Ottmar Hitzfeld mememangi Liga Champions dengan dua klub berbeda, menyusul keberhasilannya bersama Milan pada 2003 dan 2007.

Porto maju ke putaran penyisihan grup untuk ketujuh kalinya berururutan dan hanya sekali gagal maju ke babak sistem gugur. Atletico Madrid berada dalam kompetisi Liga Champions untuk musim kedua berurutan dan kalah atas Porto karena selisih gol tandang pada sistem grup musim lalu.



GRUP E - Liverpool, Olympique Lyon, Fiorentina, Debrecen

Liverpool, juara 2005, membutuhkan penampilan hebat pada awal babak penyisihan grup Liga Champions setelah tampil setengah hati pada awal kompetisi domestik.

Lyon lolos dari babak penyisihan grup dalam enam musim lalu sedangkan Fiorentina sedang mengincar tempat pertama babak sistem gugur sejak musim 1999-2000. Debrecen melakukan debut pada babak penyisihan grup dan merupakan klub pertama Hungaria yang maju ke putaran penyisihan itu lebih dari satu dekade ini.



GRUP F - Barcelona, Inter Milan, Dinamo Kiev, Rubin Kazan

Juara Barcelona dan Inter bertukar striker musim panas lalu dan Zlatan Ibrahimovic serta Samuel Eto`o akan menjadi ujung tombak untuk menembus pertahanan bekas klub mereka.

Eto`o menyarangkan gol ke gawang Barca dalam kemenangan dua final Liga Champions sedangkan Inter belum memenangi kompetisi besar Eropa sejak 1965. Andriy Shevchenko akan tampil untuk pertama kalinya dalam Liga Champions bersama Dinamo sejak 1998-99.



GRUP G - Sevilla, Rangers, VfB Stuttgart, Unirea Urziceni

Sevilla tampil di babak penyisihan grup Liga Champions untuk kedua kalinya setelah mereka memenangi penyisihan itu pada 2007/08 tetapi kalah atas Fenerbahce lewat tendangan penalti pada 16 besar.

Pelatih Unirea Urziceni, Dan Petrescu, butuh mengeluarkan semua pengalamannya di kompetisi Eropa serta sebagai pemain di Chelsea bila klub juara Romania itu ingin menunjukkan kiprah mereka dalam debut awal itu.



GRUP H - Arsenal, AZ Alkmaar, Olympiakos Piraeus, Standard

Liege

Arsenal masih terkesima dengan hukuman dua kali pertandingan yang dijatuhkan UEFA kapada striker Eduardo da Silva karena melakukan "diving" pada playoff melawan Celtic dan akan gamang pada pertandingan pembuka mereka Rabu.

Juara Yunani Olympiakos akan memulai keberhasian mereka dalam 11 pertandingan penyisihan grup sedangkan AZ merupakan satu dari delapan grup yang tampil untuk peretama kalinya.

* Dua tim paling atas dari tiap grup akan maju ke putaran sistem gugur pertama dan tim ketiga tiap grup maju ke putaran 32 besar Liga Eropa.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009