Sebagai tindakan preventif, Kementerian PUPR menyediakan multivitamin tambahan yang dibagikan ke seluruh karyawan untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan multivitamin untuk seluruh pegawai dalam rangka terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19 di lingkup internal Kementerian.

“Sebagai tindakan preventif, Kementerian PUPR menyediakan multivitamin tambahan yang dibagikan ke seluruh karyawan untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menteri Basuki juga mengingatkan pegawai untuk rutin membersihkan tangan, baik cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Kementerian PUPR tuntaskan konstruksi perpustakaan Politeknik Jakarta

Dengan jumlah staf mencapai 44 ribu orang dari Sabang hingga Merauke, Kementerian PUPR terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran COVID-19, dalam lingkup internal Kementerian melalui peningkatan daya tahan tubuh seluruh pegawai melalui pemberian vitamin dan vaksin influenza, masker, sterilisasi kantor-kantor PUPR maupun balai di 34 provinsi serta pelaksanaan tes cepat kepada seluruh pegawai baik di pusat maupun daerah.

Langkah pencegahan COVID-19 di Lingkungan Kementerian juga terus dilakukan dengan penyemprotan cairan desinfektan di beberapa tempat, seperti tangga, gagang pintu, dan tempat lain yang sering dilalui pegawai. Penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruangan kantor Kementerian PUPR tersebut dilakukan sejak awal pandemi COVID-19 merebak.

Selanjutnya untuk menyambut tatanan normal baru atau new normal, Kementerian PUPR telah melakukan tes cepat untuk screening awal untuk melihat tingkat imunitas seluruh pegawai.

Baca juga: Kementerian PUPR lanjutkan program Pengendalian Lumpur Sidoarjo

Selain bersumber dari APBN, bantuan sejumlah alat kesehatan juga diberikan oleh K-Water Indonesia sebagai mitra strategis dari Korea Selatan untuk mendukung pencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Kementerian PUPR.

Bantuan tersebut terdiri dari 360 set alat tes cepat, 150 set APD, 42 set sanitizer (hand dan bulk), 360 set masker dan 5 set termometer. Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Ki Dong Kwon dan diterima oleh Koordinator Satuan Tugas Penanganan Penyebaran COVID-19 Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020