Tanjungpinang (ANTARA News) - Sebanyak 938 guru mengaji dari beberapa taman pendidikan Alqur`an (TPA) mendapatkan bantuan dana pembinaan dari Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, untuk menyambut lebaran.

"Dana pembinaan merupakan wujud kepedulian pemerintah kota dan untuk berbagi kebahagiaan menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1430 H," kata Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan, Rabu.

Suryatati mengatakan dana pembinaan selain untuk membantu di saat lebaran juga untuk meningkatkan kinerja guru mengaji di TPA.

"Kami berharap guru-guru mengaji dapat meningkatkan kinerjanya dalam mengajar anak-anak untuk membaca Alqur`an dan dalam memberikan bimbingan agama," ujarnya.

Selain memberikan bantuan dana pembinaan kepada ratusan guru ngaji, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memberikan bantuan kepada 12 panti asuhan.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Tanjungpinang, Surjadi menambahkan, bantuan yang diterima oleh guru mengaji di TPA tersebut dibagi dalam dua kelompok.

"Pertama guru mengaji yang sudah mendapat sertifikat sebanyak 384 orang mendapatkan dana bantuan masing-masing sebanyak Rp1,4 juta, sedangkan yang belum mendapat sertifikat sebanyak 554 orang mendapatkan bantuan sebesar Rp830 ribu," ujarnya.

Untuk panti asuhan, kata dia diberikan berdasarkan jumlah anak-anak yang ditampung oleh panti asuhan tersebut, semakin banyak anak-anak yang diasuh semakin banyak mereka menerima, tambahnya.

Total bantuan yang disalurkan pemerintah Kota Tanjungpinang untuk panti asuhan sebesar Rp218 juta.

"Jika digabungkan besar bantuan untuk guru mengaji di TPA dan panti asuhan mencapai Rp1 miliar lebih," tambahnya.

Dana bantuan tersebut, kata dia diambil dari dana APBD Kota Tanjungpinang tahun 2009.

"Kami berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat, dan juga memberikan contoh kepada masyarakat yang mampu untuk ikut beramal, apalagi dibulan Ramadan yang penuh berkah ini, ujarnya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009