Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat berencana akan mencabut rencana sistem pertahanan rudal di pangkalan Polandia dan Republik Czech, kata laporan surat kabar The Walll Street Journal Kamis, seperti dikutip AFP.

Langkah itu tampaknya akan disambut Moskow dan mengeruhkan debat keamanan di Eropa, kata laporan tersebut.

"AS akan mendasarkan keputusannya tentang penentuan bahwa program rudal jarak jauh Iran tidak berkembang secepat yang diperkirakan sebelumnya, sehingga mengurangi ancaman terhadap benua AS dan ibukota-ibukota negara besar Eropa," kata laporan tersebut, mengutip para pejabat dan mantan pejabat AS.

"Penemuan-penemuan ini diharapkan akan bisa dituntaskan secepat mungkin pekan depan, setelah peninjauan kembali 60 hari yang diperintahkan oleh Presiden Barack Obama, terhadap pencabutan kebijakan pemerintahan Bush."

Pemerintah Bush telah secara agresif memulai pembangunan sistem perisai radar itu di Eropa Timur, sebelum dia meninggalkan kantor Januari lalu, kata laporan itu menambahkan.

Pemerintahan mantan presiden George W. Bush mengusulkan sistem itu untuk menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin datang dari pengembangan senjata nuklir Iran, yang diduga lebih canggih.

Rusia dengan setia menentang sistem itu, dan menganggap hal itu sebagai ancaman bagi keamanannya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009