Denpasar (ANTARA News) - Libur cuti bersama menyambut Idul Fitri 1430 Hijriyah tak berlaku di sekolah-sekolah di Bali, sehingga siswa tetap melaksanakan berbagai kegiatan yang telah diprogramkan.

Dari pemantauan ANTARA di sekitar Kota Denpasar, Jumat, siswa di berbagai sekolah, mulai dari taman kanak-kanak, SD, SMP hingga SMA, tetap masuk sekolah.

Sebagian dari mereka terlihat melaksanakan kegiatan olah raga, seperti yang berlangsung di Lapangan Lumintang, Jalan Gatot Subroto Tengah, Denpasar.

Siswa dari berbagai sekolah dasar, SMP dan SLTA, terlihat melaksanakan berbagai kegiatan olah raga, seperti jalan kaki, lari, latihan berbaris, bermain sepak bola dan sebagian hanya duduk-duduk di pinggir lapangan eks pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Badung itu.

Murid Taman Kanak-Kanak Titi Dharma yang ruang sekolahnya menghadap Lapangan Lumintang, juga melaksanakan kegiatan rutin, termasuk berlatih seni tari di halaman sekolah.

Seluruh anak didik mengenakan pakaian adat dengan ciri khas memakai udeng atau destar untuk pria dan kain untuk wanita, karena bertepatan Hari Tilem Sasih Ketiga atau saat bulan mati.

Diiringi lagu "syukur alhamdulillah", para siswa menari riang dibimbing gurunya yang juga mengenakan busana adat Bali.

Semua sekolah di Bali memberlakukan ketentuan pengenaan pakaian adat bagi siswa maupun guru dan tenaga administrasi saat bulan purnama dan hari hari besar keagamaan Hindu lainnya.

Sementara TK Permata Hati, Pondok Indah III, Denpasar, memilih memanfaatkan "hari jeda" itu untuk kegiatan berkemah di sekolah, mempraktikkan sekolah alam di obyek wisata Desa Budaya Kertalangu dan rekreasi ke Pantai Sindhu, Sanur, berombongan menggunakan satu bus bersama para orangtua murid.

Sementara untuk pegawai negeri sipil, diberlakukan ketentuan cuti bersama, yakni hanya ada tambahan libur Jumat (18/9) dan Rabu (23/9) yang mengapit dua hari libur Idul Fitri serta libur Sabtu-Minggu.

Meski begitu, banyak PNS yang memanfaatkan libur cuti bersama itu untuk berolahraga, seperti berjalan kaki berkelompok dengan pakaian seragam olah raga PNS, selain senam bersama seperti yang berlangsung di halaman belakang kantor PDAM di Jalan A Yani/Lumintang.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Denpasar, Erwin Suryadarma membenarkan bahwa dua hari libur/cuti bersama Idul Fitri diberlakukan bagi PNS, sedangkan siswa berbagai jenjang pendidikan tetap masuk, melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan.

Hal itu, katanya, mengingat sudah banyak hari libur fakultatif bertepatan hari-hari besar keagamaan Hindu yang hanya berlaku di Bali, seperti libur Hari Raya Galungan selama tiga hari yang dijadwalkan berlangsung 13-15 Oktober 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009