Purwakarta (ANTARA News) - Polisi mengalihkan para pemudik tujuan Jawa Tengah yang terjebak macet di perempatan Sadang, Kabupaten Purwakarta untuk melintasi jalur alternatif dengan melewati Wanayasa-Sumedang, pada Sabtu dini hari.

Rute jalur alternatif itu ialah dari Sadang ke arah Purwakarta kota, kemudian menuju Wanayasa-Jalancagak-Sumedang. Dari Sumedang, pemudik bisa melintasi ke arah Wado-Malangbong, kemudian tembus ke jalur selatan untuk sampai ke Jawa Tengah.

Selain itu, para pemudik juga bisa melewati jalur tengah, yakni dari Sumedang ke Cijelag-Kadipaten-Cirebon-Jawa Tengah. Hingga Sabtu sekira pukul 2.15 WIB, kendaraan dari perempatan Sadang sudah melintas ke Purwakarta kota menuju jalur alternatif.

Pantauan ANTARA News, pengalihan arus lalu lintas dari perempatan Sadang menuju jalur alternatif itu dilakukan, karena kemacetan yang terjadi di perempatan Sadang untuk ke jalur tengah (Sadang-Kalijati-Subang-Kadipaten-Cirebon-Jawa Tengah) itu sulit terurai.

Pengalihan arus lalu lintas menuju jalur alternatif dengan melintasi Wanayasa itu juga dilakukan bagi kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Sadang. Dengan demikian, kendaraan para pemudik itu memadati jalur Purwakarta kota untuk melintasi Wanayasa-Sumedang.

Sejak Jumat (18/9) malam hingga Sabtu dini hari, terjadi kemacetan total yang cukup panjang dari gerbang Tol Sadang menuju perempatan Sadang untuk melintasi jalur tengah. Karena itu, petugas langsung mengalihkan ke jalur alternatif.

Begitu juga arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta yang terus mengalami kepadatan, terus dilakukan pengalihan arus ke perempatan Sadang untuk melintasi jalur tengah bagi pemudik tujuan Cirebon, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Pengalihan arus ke jalur alternatif melintasi Wanayasa itu sendiri, karena rata-rata pemudik tujuan Jawa Tengah tidak mau dialihkan ke jalur selatan (Cipularang-gerbang Tol Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Malangbong-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Jawa Tengah). (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009