Washington (ANTARA News) - Sebuah komisi pengemban mandat kongres telah memulai penyelidikan penyebab krisis keuangan, satu tahun setelah runtuhnya bank investasi Wall Street, Lehman Brothers.

Komisi Penyelidikan Krisis Keuangan (Financial Crisis Inquiry Commission-FCIC), terdiri dari 10 anggota -- enam dicalonkan oleh mayoritas Demokrat dan empat oleh Partai Republik -- adalah model
setelah sebuah komisi didirikan pasca serangan terhadap New York dan Washington 11 September 2001.

Panel akan mengadakan dengar pendapat publik dan akan memiliki 18 bulan untuk memeriksa apa yang menyebabkan resesi ekonomi terburuk di Amerika Serikat sejak Depresi Besar tahun 1930-an.

FCIC juga akan memperingatkan Departemen Kehakiman jika ada lembaga atau individu telah melanggar hukum.

Selama sidang pertama FCIC di Kongres pada Kamis, ketua komisi Phil Angelides, yang dekat dengan Partai Demokrat, mengatakan panel bipartisan telah diberi sebuah "misi kritis" yang "harus dilakukan tanpa keberpihakan partai politik atau apapun".

"Harapan saya adalah bahwa temuan komisi ini dapat membantu presiden, Kongres, pelaku pasar dan masyarakat terbaik mencapai penilaian tentang bagaimana memperbaiki sistem keuangan kami," kata Angelides.

Kedua bilik Kongres menyetujui FCIC yang didirikan Mei sebagai bagian dari undang-undang anti-penipuan yang juga berusaha untuk meningkatkan perjuangan melawan penipuan keuangan.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009