Purwakarta (ANTARA News) - Arus kendaraan dari gerbang tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta Jabar, menuju jalur pantura pada hari lebaran atau Minggu sore masih mengalir.

Kendaraan yang melintasi gerbang tol Cikampek menuju jalur pantura itu didominasi kendaraan pribadi atau pemudik dan bus umum. Kendaraan pribadi terlihat banyak barang bawaan yang disimpan di bagian atas kendaraan.

Sejumlah pemudik mengaku berangkat mudik pada hari Lebaran agar tidak terjebak macet di jalur pantura dan sekaligus berekreasi ke sejumlah tempat pariwisata di Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Biasanya, kalau berangkat saat hari raya (Lebaran) itu akan lancar dan lalu-lintas tidak macet. Jadi, kami memilih untuk berangkat hari Minggu ini," kata Joko (42), pengemudi kendaraan pribadi yang mengaku akan mudik ke Klaten, di Cikampek, Minggu.

Ia berharap, jalur pantura pada Minggu ini lancar, walaupun kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cikampek itu masih cukup banyak hingga sempat terjadi antrean beberapa kendaraan di loket pembayaran gerbang tol Cikampek.

Pemudik lain tujuan Semarang, Atang (37), mengaku memilih berangkat mudik saat hari raya dengan alasan agar bisa sekaligus rekreasi ke tempat pariwisata di Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Lebih baik berangkat saat Lebaran ini, jadi lancar. Lagi pula di perjalanan lebih santai. Mudah-mudahan tidak macet di jalur pantura nanti," katanya.

Gerbang tol Cikampek masih membuka seluruh loket hanya untuk pembayaran atau hanya dikhususkan bagi kendaraan yang keluar dari gerbang tol itu, sedangkan kendaraan yang menuju Jakarta dan sekitarnya dialihkan ke gerbang tol Kalihurip, melintasi kawasan industri Kota Bukit Indah.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009