Berlin (ANTARA News/AFP) - Pelatih Jerman Joachim Loew pada Selasa mengatakan bahwa kiper klub Leverkusen Rene Adler terpilih sebagai kiper utama tim nasional untuk pertandingan melawan Rusia dalam babak kualifikasi Piala Dunia di Moskwa bulan depan.

Pemain berusia 24 tahun itu masuk tim nasional saat pertandingan persahabatan melawan Afrika Selatan dan pada kualifikasi Piala Dunia melawan Azerbaijan awal bulan ini.

Kiper klub Hanover Robert Enke semula menjadi pilihan utama Loew, namun virus misterius membuatnya harus absen pada pertandingan-pertandingan bulan ini sehingga posisinya direbut kiper lain.

Adler akan dipasang dalam menghadapi Rusia 10 Oktober dan melawan Finlandia di Hamburg 14 Oktober, yang merupakan pertandingan terakhir babak kualifikasi Piala Dunia.

Pemenang di Moskwa nanti bakal menjadi juara grup dan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afsel.

Adler sebelumnya cukup memberi keyakinan kepada Loew.

"Rene Adler selalu dapat diandalkan. Ia cukup kuat pada dua pertandingan terakhir, ia adalah kepercayaan saya," kata Loew.

Enke mengalami infeksi perut dah masih harus minum antibiotik selama dua pekan sehingga tidak mungkin tampil pada sisa dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia.

"Saya bicara dengan Robert melalui telepon pada Minggu, dan tidak mungkin memilih dia karena ia masih harus dirawat dan mengurangi kegiatan latihan," kata Loew.

Enke, 32, mengakui kecewa kehilangan kesempatan tampil di pertandingan penting melawan Rusia, yang hanya satu poin di bawah Jerman dalam klasemen grup.

"Sebenarnya saya kurang senang dengan keputusan itu, tapi saya sangat mengerti," kata Enke.

"Saya tidak bisa mengikuti latihan secara penuh selama dua pekan, dan saya berharap dapat kembali ke performa terbaik saya setelah itu," ujarnya.

Adler pernah tampil menghadapi Rusia dalam debutnya ketika Jerman menang 2-1 di Dortmund Oktober tahun lalu.

"Sayang sekali bagi Robert, namun ia masih cukup mengesankan bagi saya dan saya yakin ia bisa kembali," tambah Loew.

Kiper lain dalam tim Jerman saat ini adalah Manuel Neuer dan Tim Wiese.

Sementara itu pemain tengah veteran Werder Bremen Torsten Frings bakal dipanggil lagi masuk timnas setelal Loew terkesan pada penampilannya dalam pertandingan melawan Leverkusen Minggu lalu.

"Kita bisa lihat Torsten kembali menemukan irama permainannya, ia main seperti biasa dan bebas cedera," kata Loew yang lebih dari setahun lalu mencoret Frings dari tim nasional.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009