Brussels (ANTARA News/Reuters) - Dua pria, satu bersenjatakan sesuatu yang kelihatan seperti pistol, mencuri satu lukisan karya pelukis surrealis Belgia, Rene Magritte, dari satu museum Brussels, Kamis pagi.

"Olympia", lukisan tahun 1949 mengenai seorang perempuan telanjang yang berbaring dengan kerang terletak di perutnya, bernilai 750.000 euro (1,1 juta dolar AS), kata polisi.

Kedua pria itu tiba tak lama setelah Rene Magritte Museum dibuka dan mengancam lima orang di dalamnya, termasuk dua pengunjung, kata polisi. Mereka mengambil lukisan tersebut, satu dari tiga lukisan di museum itu, tanpa melepaskan tembakan.

Kurator museum tersebut, tempat pelukis itu tinggal selama hampir 24 tahun, menggambarkan kedua pria tersebut sebagai berpenampilan Asia, tanpa memberi perincian. Salah satu dari mereka berbicara bahasa Inggris dan yang satu lagi berbicara bahasa Prancis, katanya.

Magritte, yang terkenal karena lukisan topi pemain kriket, pipa, apel hijau dan langit biru elektrik, memiliki dua museum untuk menghormatinya di Brussels.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009