Yogyakarta (ANTARA News) - Pementasan sendratari Ramayana di panggung terbuka Candi Prambanan, Yogyakarta diminati wisatawan pemudik Lebaran.

"PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) Yogyakarta selama libur Lebaran tahun ini menggelar Sendratari Ramayana `full story` spesial Lebaran di panggung terbuka Candi Prambanan, dan penontonnya cukup banyak termasuk kalangan wisatawan pemudik Lebaran," kata Kepala Unit Teater dan Pentas PT TWCBPRB, Djoko Sutono, Jumat.

Ia mengatakan pementasan khusus tersebut diadakan disamping pentas reguler yang sudah dijadwalkan.

Menurut dia, pentas tambahan pada libur Lebaran yang berlangsung setiap malam itu, dimulai sejak 17 September hingga 26 September. "Setiap malam dipadati penonton, dan mereka menikmati pergelaran tersebut hingga pertunjukan berakhir," katanya.

Djoko mengatakan apresiasi masyarakat terhadap sendratari Ramayana tampaknya makin meningkat, terbukti sampai sekarang penonton sendratari ini tidak hanya dari kalangan wisatawan mancanegara (wisman), tetapi juga wisatawan nusantara (wisnus) termasuk pelajar.

Dia mengatakan orang asing saja menghargai dan mengagumi kesenian bangsa Indonesia, maka sudah semestinya bangsa Indonesia lebih menghargai sendratari yang memiliki nilai kesenian yang tinggi ini. "Terutama kalangan generasi muda, harus mampu mengapresiasi karya seni yang agung tersebut," katanya.

Ia mengatakan seiring meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap sendratari ini, sampai sekarang jumlah penontonnya terus meningkat, bahkan pihaknya sering kehabisaan tiket karena kapasitas kursi penonton terbatas.

"Banyak calon penonton memaksakan diri untuk masuk, meskipun kursi sudah habis, dan mereka bersedia menonton sambil berdiri hingga pertunjukan usai," katanya.

Meskipun harga tiket cukup tinggi, mereka tidak keberatan membayarnya, karena mereka sadar untuk menonton karya kesenian yang nilai tinggi harus pula dihargai tinggi.

Harga tiket tanda masuk untuk menonton pementasan sendratari Ramayana spesial Lebaran 2009 untuk kelas VIP Rp350.000 per orang. Harga ini sudah termasuk memperoleh suguhan makanan khas daerah.

Sedangkan kelas khusus Rp200.000 per orang, kelas I Rp100.000 per orang, dan kelas II Rp50.000 per orang.

Menurut dia, melalui pembenahan tata cahaya yang lebih berkualitas, pementasan sendratari Ramayana di panggung terbuka Candi Prambanan kini makin diminati wisatawan, baik wisman maunpun wisnus.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009