Singapura (ANTARA News/AFP) - Pembalap Inggris Lewis Hamilton yang membela tim McLaren, tampil mengesankan untuk menjuarai balap mobil Formula Satu Grand Prix Singapura, Minggu.

Hamilton yang menempati urutan start pertama (pole position), sejak awal selalu memimpin dan tidak terkejar oleh saingan terdekatnya Timo Glock dan Fernando Alonso.

Sementara itu Jenson Button yang berada di urutan kelima, menambah perolehan angka untuk memperkokoh posisi di urutan teratas klasemen umum sementara.

Bagi Hamilton, sukses di Singapura merupakan kemenangan kedua musim lomba tahun ini setelah sebelumnya juga menjuarai GP Hungaria. Secara keseluruhan, sukses tersebut merupakan yang ke-11 sepanjang karirnya.

Fernando Alonso, pembalap Spanyol yang tahun lalu tampil sebagai juara dalam lomba yang diwarnai kontroversi ketika Nelson Piquet Junior sengaja menabrakkan mobilnya, kembali membawa harapan bagi tim Renault dengan menempati peringkat ketiga setelah Glock.

Nasib sial dialami oleh pembalap Jerman Sebastien Vettel karena pembalap Tim Red Bull yang mencapai garis finish di urutan keempat tersebut sebenarnya berpeluang untuk tampil lebih baik.

Vettel sempat berada di urutan kedua dan bertarung ketat dengan Hamilton untuk merebut urutan pertama, tapi setelah masuk pit untuk kedua kalinya pada lap ke-39, Vettel mendapat hukuman karena melaju terlalu kencang saat keluar pit.

Setidaknya, Vettel berpeluang besar untuk menduduki peringkat kedua setelah Hamilton.

Jenson Button masih tetap kokoh di puncak klasemen umum dengan nilai 84, disusul rekan satu timnya Rubens Barrichello yang terpaut 15 angka.

Meski gagal mencapai podium, Button dan Barrichello hampir dipastikan akan mengantar Brawn, tim pendatang baru itu ke tangga juara dunia.

Kondisi sirkuit jalanan di kawasan Marina Bay yang sempit dan membuat pembalap kesulitan untuk mendahului lawan, mempermudah jalan Hamilton yang menempati urutan terdepan garis start.

Karena kondisi sirkuit yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian secara rasa percaya diri, Hamilton langsung meleset saat waktu start.

Nico Rosberg berhasil melewati Vettel untuk menempati urutan kedua, sementara Alonso yang sebelumnya berada di posisi lima, melaju ke urutan empat.

Tapi pada akhir lap pertama, Alonso kembali tercecer ke urutan enam setelah dilewati oleh Mark Webber dan Glock. Sementara Button memperbaiki posisi ke urutan kesepuluh dan rekannya Barrichello di urutan tujuh.

Kecelakaan mewarnai lomba ketika pemaian Force India Adrian Sutil menabrak Nick Heidfeld dari Tim BMW Sauber, membuat sirkuit dipenuhi serpihan mobil dan memaksa mobil keamaman diturunkan.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009