New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham di Wall Street naik pada Senin didukung oleh meningkatnya kegiatan merger dan akuisisi setelah minggu lalu mencatat penurunan mingguan terburuk dalam hampir dua bulan.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 40,29 poin (0,42 persen) dalam pembukaan perdagangan menjadi 9.705,48.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq bertambah 13,83 poin (0,66 persen) menjadi 2.104,75 dan indeks Standard & Poor`s 500 naik 5,28 poin (0,51 persen) menjadi 1.049,66.

Pedagang kembali pada Senin untuk menyaksikan sebuah awal rebound saham setelah pasar jatuh untuk ketiga hari berturut-turut pada Jumat ketika data ekonomi mengecewakan mendorong investor menahan diri menjelang akhir pekan.

Saham-saham kembali dari penurunan luas di Asia dan naik di tengah beberapa pengumuman merger dan akuisisi, menunjukkan tumbuhnya kepercayaan di sektor korporasi, analis di Charles Schwab & Co mengatakan dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Xerox Corp akan mengakuisis Affiliated Computer Services sekitar 6,4 miliar dolar AS sementara Abbott Laboratories melaporkan bahwa akan membeli unit farmasi Solvay berbasis di Belgia sekitar 6,6 miliar dolar AS tunai.

"Perolehan premi telah tidak konsisten beberapa minggu terakhir, namun baru-baru ini mereka telah cukup kuat, yang merupakan titik yang tidak tersesat di kerumunan spekulatif," kata Patrick O`Hare dari briefing.com.

"Tahukah, kita mulai mendengar desas-desus tentang kemungkinan meningkatnya transaksi M&A sejalan dengan premi yang dibayar," katanya.

Pekan lalu, S&P 500 hanya mengalami penurunan mingguan ketiga kali dalam 11 minggu terakhir.

Ini adalah penurunan 2,2 persen yang datang di tengah lebih lemahnya dari perkiraan data ekonomi dan ekspektasi keputusan Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga.

Ini adalah penurunan mingguan terbesar sejak penurunan 2,45 persen selama seminggu yang berakhir 3 Juli. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009