Total 8 petugas KKP Batam terinfeksi virus corona

Total 8 petugas KKP Batam terinfeksi virus corona

Petugas KKP Kelas I Batam menjelaskan proses pemeriksaan kesehatan wisman saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Centre Kota Batam kepada Wali Kota Batam Muhammad Rudi, beberapa waktu lalu. (Naim)

Batam (ANTARA) - Total delapan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Batam yang terinveksi virus corona hingga Rabu.

Kepala KKP Kelas I Batam, Achmad Farchanny menyatakan pihaknya telah melakukan tes PCR terhadap seluruh petugas, atau sebanyak 99 orang. Dan hasilnya hingga kini, delapan orang yang positif.

"Kedelapan orang pegawai kami yang positif ini tidak menunjukkan gejala COVID-19 atau OTG," kata Farchanny melalui pesan aplikasi..

Baca juga: 19 hari tes cepat, BIN temukan 1.300 lebih positif COVID-19

Delapan orang petugas KKP yang positif COVID-19 terdiri dari empat orang bertugas di kantor induk Pelabuhan Batuampar yaitu dua orang bertugas di Tata Usaha, seorang bertugas di pelayanan dokumen karantina dan seorang petugas keamanan.

Kemudian empat orang lainnya bertugas di pintu masuk, yaitu masing-masing seorang di Pelabuhan Sagulung, Pelabuhan Nongsa, Pelabuhan Batam Centre dan Bandara Hang Nadim.

Ia mengatakan seluruh petugas KKP yang positif COVID-19 telah dirujuk ke RS Khusus Infeksi Pulau Galang.

Baca juga: Kunjungi Sulsel, JK minta Forkopimda matikan virus corona

"Demi keselamatan mereka dan pencegahan penularan lebih lanjut, yang bersangkutan sudah dirujuk ke RSKI Galang untuk isolasi dan penanganan lebih lanjut," kata dia.

Selain itu, pihaknya bersama tim Dinas Kesehatan Kota Batam dan BTKLPP Kelas I Batam juga melakukan penelusuran kontak erat 8 pegawai yang positif COVID-19.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, bahwa risiko pekerjaan petugas KKP tinggi, karena menjadi garda paling depan, di pintu masuk negara langsung berhubungan dengan pelaku perjalanan yang belum diketahui kondisi kesehatannya.

"Jadi, protokol kesehatan di tempat kerja sudah sangat ketat kami terapkan karena ada kelalaian sedikit saja bisa langsung terpapar," kata dia.

Baca juga: GTPP: Kota Denpasar dominasi penambahan kasus positif COVID-19 di Bali
Baca juga: Bocah 1 tahun 4 bulan termasuk dalam tiga kasus baru COVID-19
Baca juga: Kasus COVID-19 di Sumut mendekati angka seribu

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar