Jakarta (ANTARA News) - Miss Universe 2009 Stefania Fernandes Krupij dari Venezuela direncanakan akan menghadiri malam grand final Pemilihan Putri Indonesia (PPI) ke-14 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (9/10).

Miss Universe 2009 tersebut akan melihat pertarungan 38 finalis Putri Indonesia memperebutkan gelar juara Putri Indonesia 2009 yang diselenggarakan oleh Yayasan Putri Indonesia (YPI).

Ketua Dewan Pembina YPI Putri K Wardhani mengatakan 38 finalis berasal dari 33 provinsi, dan DKI Jakarta mewakilkan enam finalis.

Para finalis tersebut akan menjalani masa karantina pada 30 September - 9 Oktober di Hotel Nikko, Jakarta.

Untuk 2009, PPI mengambil tema "Wujudkan Prestasi dan Kreatifitasmu Melalui Karya serta Integritas bagi Ibu Pertiwi".

Putri mengatakan, pada masa karantina, para finalis akan mengikuti berbagai kegiatan, seperti pembekalan pengetahuan mengenai pariwisata, lingkungan hidup, kesehatan, masalah feminisme sampai dengan soal narkotika.

Pembekalan materi antara lain diisi oleh Menkes Siti Fadilah Supari, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Meuthia Hatta, Dirjen Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar, Deputi Menteri Lingkungan Hidup bidang Komunikasi Lingkungan Henri Bastaman, Dewi Motik Pramono sampai Charles Bonar Sirait.

Para finalis Putri Indonesia 2009 juga akan melakukan kampanye batik dalam rangka pencanangan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Putri mengatakan kampanye batik akan dilakukan pada Jumat, 2 Oktober, di Bundaran Tugu Tani, Jakarta Pusat.

Para finalis juga akan melakukan kampanye kepedulian sosial terhadap penyakit lepra dengan membagikan jarum penguji lepra "needle of hope" di Bundaran Hotel Indonesia pada Rabu (7/10).

Pada PPI 2009, diperkenalkan Mahkota Putri Indonesia baru yang memiliki desain menyerupai bulu burung merak.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009