Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa pintu masuk ke wilayah Indonesia harus lebih bagus dari negara tetangga
Kupang (ANTARA) - Pemerintah pusat bertekad akan terus membangun berbagai infrastruktur di wilayah perbatasan Republik Indonesia (RI)-Timor Leste (TL) dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi di kawasan itu.

"Dalam kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Polhukam dan Mendagri ke kabupaten Belu, keduanya menyatakan bahwa pemerintah pusat akan meningkatkan perekonomian di daerah perbatasan di NTT guna peningkatan ekonomi masyarakat du daerah ini," kata Karo Humas Setda Pemprov NTT Marius A Jelamu kepada ANTARA di Kupang, Kamis.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke PLBN Mota’ain di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Baca juga: Mahfud dan Tito tinjau kesiapan Pilkada di Atambua

Marius mengatakan untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di daerah perbatasan itu, kedua Menteri itu mendesak pemerintah daerah setempat untuk membuat desain pembangunan di kawasan perbatasan itu.

Tidak hanya di kawasan PLBN Mota Ain, tetapi juga di dua PLBN yakni di PLBN Wini kabupaten Timor Tengah Selatan dan PLBN Motamasin Kabupaten Malaka.

Dalam kunjungan kerja itu kedua menteri itu juga melakukan rapat koordinasi dengan pengelola perbatasan di NTT dan juga dengan sejumlah kepala daerah di wilayah perbatasan itu.

Beberapa sarana prasarana yang akan dibangun kata dia seperti fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan juga fasilitas pendukung perekonomian lainnya.

"Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi bahwa pintu masuk ke wilayah Indonesia harus lebih bagus dari negara tetangga," ujar dia.

Baca juga: Mahfud MD dan Mendagri pantau perbatasan Indonesia-Timor Leste

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tiba di Kupang menggunakan pesawat khusus milik TNI AU pada pukul 09.30 WITA.

Saat tiba di bandara El Tari keduanya langsung dijemput oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat dan Forkompimda NTT lainnya. setelah beristirahat sejenak kedua Menteri langsung terbang ke Kabupaten Belu ditemani oleh Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Saat tiba di Kabupaten Belu, keduanya langsung meninjau PLBN Mota Ain dan melakukan rapat bersama dengan sejumlah forkompimda di daerah perbatasan itu.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020