Jakarta,(ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempersilakan negara sahabat dan lembaga asing untuk memberikan bantuan bagi korban bencana gempa di Sumatra Barat melalui pemerintah Indonesia.

"Dalam keadaan ini diperlukan kecepatan dan kalau ada yang bisa lebih dulu ke sana serta ada kerjasama ASEAN dan negara sahabat seperti itu, maka silakan saja. Tapi kendali tetap di tangan kita. Namun itu nomor dua, yang utama kerahkan dulu tenaga kita," kata Presiden usai melakukan rapat terbatas penanganan dampak gempa Sumatra Barat di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Dikatakan Presiden, pada waktu terjadi gempa di Tasikmalaya awal September lalu, tawaran bantuan dari negara sahabat dan lembaga asing juga bermunculan, namun pemerintah bisa dan mampu menanganinya sendiri.

Sementara itu Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso di tempat yang sama mengatakan bahwa sejumlah negara mengajukan tawaran batuan tanggap darurat melalui Angkatan Bersenjatanya, yaitu dari Malaysia, Singapura, Australia dan Amerika Serikat.

TNI sendiri, lanjutnya telah mengerahkan kekuatan Zeni, Kostrad dan medis dari Medan, Lampung dan Bengkulu menuju lokasi bencana.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009