Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais mengusulkan agar seluruh anggota perwakilan rakyat (DPR, MPR dan DPD) periode 2009-2014 menyisihkan gaji pertamanya sebesar 20 persen untuk korban gempa di Sumatra Barat.

"Usulan menyisihkan gaji pertama DPR cukup bagus untuk membantu korban gempa karena mereka butuh pertolongan," kata Amien Rais usai Pelantikan Sumpah/Janji DPR di Gedung Nusantara, Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis.

Amien berada di gedung perwakilan tersebut, untuk menemani anaknya, Ahmad Mumtaz Rais yang terpilih menjadi anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Daerah Pemilihan VIII Jawa Tengah.

Amien mengungkapkan selain untuk membantu korban gempa di Sumatra Barat, menyisihkan gaji sebesar 20 persen dari gaji perdana anggota DPR/MPR tersebut bisa memulihkan nama perwakilan rakyat yang dikenal sering menghabiskan anggaran.

Dengan demikian, mantan Ketua Umum PAN tersebut menuturkan, masyarakat akan lebih percaya terhadap perhatian anggota DPR untuk membantu korban yang terkena musibah.

"Bagaimana pun juga saya pernah duduk di Senayan sehingga tahu banyak cara untuk membantu dan meringankan korban musibah," ujarnya.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Banten, Andika Hazrumy menyatakan mendukung terhadap usulan anggota dewan untuk menyisihkan sebagian gaji pertamanya.

Andika juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap musibah gempa yang menimpa warga di ranah Minang tersebut, sehingga wajar jika mereka uluran bantuan dari semua pihak.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter mengguncang Kota Padang, Pariaman, dan kota-kota lainnya di Provinsi Sumatra Barat pada Rabu (30/9) sekitar pukul 17.16 WIB dan menewaskan sedikitnya 215 orang. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009