Karyawan PLN Kalbar donor darah jaga stok saat wabah COVID-19

Karyawan PLN Kalbar donor darah jaga stok saat wabah COVID-19

Kegiatan donor darah (ANTARA/PLN)

Pontianak (ANTARA) - Ratusan karyawan dan pekerja PLN Group Kalimantan Barat (Kalbar) menyelenggarakan kegiatan donor darah yang digelar serentak di kantor wilayah dan seluruh Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) untuk memenuhi stok darah saat wabah COVID-19.

"Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia. Selain itu, juga merupakan wujud kepedulian PLN Kalbar dalam membantu dan menjaga stok darah selama pandemi COVID-19," ujar Senior Manajer Perencanaan PT PLN Kalbar Novalince Pamuso di Pontianak, Kamis.

Baca juga: Polda Kalbar gelar donor darah dampak COVID-19

Ia menjelaskan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan menerapkan protokol kesehatan. "Di masa pandemi ini sterilisasi darah diperlukan untuk memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan darah yang aman dan berkualitas guna menyelamatkan jiwa warga yang membutuhkan," katanya.

Jajaran manajemen di lingkungan PLN Kalbar beserta seluruh peserta menjaga jarak, tidak berkerumun. Mereka menggunakan masker dan dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki ruangan.

Para petugas PMI juga mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Seluruh ruangan hingga peralatan yang akan dipakai dibersihkan dan disemprot dengan cairan disinfektan untuk memastikan semuanya steril dan aman bagi peserta donor.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan tersebut, PLN ingin membantu PMI Kota dan Kabupaten dalam memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: PLN Kalbar luncurkan program motor ambulance untuk bidan pedalaman

Sementara itu, Kasi P2D2S Unit Donor Darah PMI Kota Pontianak Rini Pujiastuti mengatakan masyarakat yang membutuhkan darah cukup banyak ,sedangkan di masa pandemi seperti sekarang ini jumlah pendonor darah menurun.

“Kami mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PLN Kalbar. Kegiatan donor darah ini akan menambah stok darah di PMI Kota Pontianak dan PMI kabupaten. Atas nama PMI kami mengucapkan terima kasih kepada PLN Kalbar atas bantuan yang telah diberikan,” kata Rini.

Vinilia (22) salah seorang karyawan peserta donor darah mengaku sangat senang ikut dalam kegiatan ini. Menurutnya, di masa pandemi COVID-19 banyak orang yang membutuhkan darah.

“Saya sangat senang berkesempatan menolong orang yang membutuhkan darah melalui kegiatan ini. Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, donor darah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar,” pungkas Vinilia.

Hingga acara selesai, ada 153 orang karyawan yang mendonorkan darahnya. Melihat antusiasme karyawan cukup tinggi, PLN Kalbar akan melaksanakan kegiatan serupa di lain waktu.

Baca juga: Penjualan listrik industri PLN Kalbar naik 15,43 persen

Baca juga: Pengusaha di Kalbar manfaatkan layanan premium PLN

Pewarta: Dedi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Cadangan daya besar, pasokan listrik Kalbar terjamin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar