Jika ada yang perlu diselesaikan sampai tingkat pemda maka Pemkab Ketapang siap memfasilitasi untuk penyelesaiannya
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, siap mendampingi PT PLN dalam pembebasan lahan untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV dan Gardu Induk (GI) 150 kV di daerah itu.

"Pemkab Ketapang mendukung PSN sektor ketenagalisttikan," ujarnya Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat,  Heryandi saat dihubungi di Ketapang, Sabtu.

Menurut dia, Pemkab Ketapang mendukung pembangunan PSN berupa SUTT 150 kV dan GI 150 kV itu.

Ia mengaku ada kendala yang dihadapi dalam pembebasan lahan dan ruang bebas, namun Pemkab Ketapang siap mendampingi penyelesaiannya melalui unsur di kecamatan dan desa.

"Jika ada yang perlu diselesaikan sampai tingkat pemda maka Pemkab Ketapang siap memfasilitasi untuk penyelesaiannya,” kata dia.

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), Muhammad Dahlan Djamaluddin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pemkab Ketapang,

Baca juga: Empat desa di Melawi akhirnya nikmati listrik PLN 24 jam

Baca juga: PLN bekali UMKM Pontianak kemampuan manajemen keuangan dan pemasaran


“Kami berterima kasih kepada Pemkab Ketapang serta seluruh pihak yang senantiasa menjaga sinergi dalam upaya meningkatkan keandalan suplai daya listrik di Kalimantan Barat terkhusus di Kabupaten Ketapang, melalui pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan. Semoga jembatan silaturahmi yang telah dibangun semakin mempererat hubungan baik antara PLN dengan Pemkab Ketapang," kata dia.

Sementara itu, Manajer PT PLN Unit Pelaksana Proyek Kalimantan Bagian Barat (UPP KLB) 2 Ketapang Akhmad Mustaqim menjelaskan bahwa seluruh proyek kelistrikan di di Ketapang ditujukan untuk mendukung interkoneksi sistem kelistrikan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

"Apabila seluruh proyek tersebut rampung dan sudah 'energize' maka keandalan listrik di Kalimantan khususnya Kalimantan Barat meningkat karena suplai listrik tidak hanya dari pembangkit Kalimantan Barat saja, tetapi juga bisa masuk melalui provinsi lainnya di Kalimantan,” kata dia.

Ia menyampaikan informasi terkini proyek ketenagalistrikan yang sedang berlangsung di Kabupaten Ketapang antara lain GI 150 kV Sandai, SUTT 150 kV Tayan - Sandai, SUTT 150 kV Kendawangan – Marau – Sukamara dan SUTT 150 kV Sandai Tx (Ketapang – Sukadana).

“Saat ini proyek SUTT 150 kV Sandai – Tx sudah mencapai 97 persen, SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara sudah mencapai 73 persen, SUTT 150 kV Tayan – Sandai sudah mencapai 13,29 persen dan GI 150 kV Sandai sudah mencapai 88 persen,” kata dia.

Baca juga: PLN resmikan PLTS di perbatasan dengan Malaysia

Baca juga: PLN Kalbar dukung Untan galakkan pemanfaatan PLTS

Pewarta: Dedi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023