Padang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis petang ini melihat langsung lokasi sejumlah gedung di Kota Padang yang roboh akibat gempa yang terjadi Rabu (30/9).

Didampingi Ibu Ani Yudhoyono, Presiden yang menggunakan mobil sedan dinas Gubernur Sumbar mendatangi Hotel Ambacang di Jalan Gereja, bangunan empat lantai yang ambles ke tanah akibat guncangan gempa.

Diperkirakan masih ada 200 orang yang tertimbun di reruntuhan hotel itu, karena saat kejadian tengah berlangsung simposium yang diikuti sekitar 200 orang.

Presiden sempat menyaksikan dari jarak dekat proses evakuasi korban dengan alat berat dan manual yang tengah dilakukan sejumlah personil dari TNI dan tim SAR.

Presiden kemudian juga mendatangi lokasi gedung tiga lantai milik Lembaga Bimbingan Belajar Gama di Jalan Proklamasi yang juga luluh lantak dan diperkirakan sekitar 50 anak yang sedang belajar tewas terkubur bangunan.

Usai mengunjungi dua lokasi yang paling banyak memakan korban tewas itu, Presiden kemudian menuju Semen Padang untuk menginap di tempat itu.

Di hadapan masyarakat yang berkumpul di depan Hotel Ambacang, Presiden meminta masyarakat tetap tegar dan tabah menghadapi bencana ini dan meminta para petugas pencari korban untuk bekerja dengan cepat untuk segera menemukan korban yang mungkin bisa diselamatkan.

Korban tewas akibat gempa yang melanda wilayah Sumatra Barat sampai Kamis sore ini tercatat 364 orang, terdiri dari korban di Padang 197 orang, kabupaten Pariaman 154 orang, kabupaten Pesisir Selatan 4 orang, kabupaten Bukit Tinggi 7 orang dan kota Solok dua orang.

Data Pemprov Sumbar di Posko Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Padang juga mencatat korban luka berat 83 orang dan luka ringan 2.094 orang, dengan rumah rusak berat 740 unit, rumah sakit 200 unit dan rumah rusak ringan 1.710. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009