Jakarta, 2/10 (ANTARA) - Sebanyak dua truk bahan logistik berupa makanan, pakaian, perangkat sholat, perlengkapan mandi, dan keperluan wanita pada Jumat (2/10) siang diberangkatkan dari halaman Gedung Sapta Pesona Jakarta untuk membantu para korban gempa di Sumatera Barat (Sumbar). Bantuan yang dihimpun dari keluarga besar Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) tersebut disampaikan ke para korban gempa melalui Kantor Menko Kesra Jakarta.

     Selain mengirim bahan logistik, sebanyak 15 orang mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan Akademi Pariwisata (Akper) Medan juga diterjunkan untuk membantu pelayanan hotel di Padang. Para relawan ini akan membantu hotel di sana yang saat ini banyak kekurangan tenaga akibat karyawan mereka tidak bisa bekerja karena masih trauma dengan peristiwa gempa.  
    
     Dirjen Pemasaran Depbudpar DR.Sapta Nirwandar mengatakan, bantuan dari Keluarga Besar Budpar ini disampaikan melalui Kantor Mengko Kesra sebagai koordinator untuk diteruskan kepada para korban yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan kita. "Bantuan ini sebagai wujud dari keprihatinan dan keperdulian atas musibah yang dialami saudara-saudara kita di Sumbar," kata Sapta Nirwandar ketika menyaksikan pengirim bantuan tersebut.

     Dalam menghadapi bencana gempa Sumbar, Depbudpar telah melakukan sejumlah langkah antisipasi dalam membantu program tanggap darurat antara lain dengan membangun media center di Inna Muara Hotel Padang yang terhubung dengan media center di Pusat Informasi dan Humas Depbudpar Jakarta. Media center tersebut membantu informasi kepada masyarakat agar tidak simpang-siur tentang perkembangan kejadian peristiwa khususnya yang menyangkut bidang kebudayaan dan kepariwisataan.

     Pembentukan media center seperti ini, kata Sapta Nirwandar, untuk kesekian kalinya dilakukan antara lain ketika terjadi peristiwa musibah tsunami Aceh, gempa di Yogyakarta, maupun aksi teror bom Bali maupun bom Ritz Carlton dan JW Marriott di Mega Kuningan Jakarta belum lama berselang.

     Pada kesempatan itu Sapta Nirwandar menyampaikan rasa berduka cita atas musibah gempa Sumbar. Segenap keluarga besar Depbudpar menyampaikan rasa berduku cita yang sedalam-dalamnya atas musibah bencana alam gempa bumi yang menelan korban jiwa dan kerugian harta benda yang menimpa saudara-saudara kita di Sumbar, kata Sapta Nirwandar.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009