Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pemimpin negara dunia menyampaikan rasa dukanya terkait dengan bencana gempa bumi yang melanda Pulau Sumatera yang telah mengakibatkan tewasnya ratusan orang.

Berdasarkan siaran pers dari sejumlah kedutaan besar yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, ucapan duka mendalam disampaikan antara lain oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri Inggris Raya Gordon Brown, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, dan Raja Swedia Carl XVI Gustaf.

Presiden Obama mengatakan sangat berduka dan telah memerintahkan jajaran pemerintahannya untuk melakukan koordinasi dengan berbagai upaya perbaikan dan pemulihan yang terus berlangsung di Indonesia.

Obama yang mengalami beberapa tahun masa kecilnya di Jakarta itu juga mengatakan, Indonesia adalah negara luar biasa yang terkenal dengan ketangguhannya dalam mengatasi bencana alam, serta warganya selalu kuat dan tabah serta memiliki semangat untuk mengatasi tantangan yang besar ini.

Sementara itu, PM Brown menyampaikan bela sungkawa mendalam kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono serta simpati kepada mereka yang telah kehilangan anggota keluarga dan teman mereka dalam tragedi tersebut.

Presiden Sarkozy dalam suratnya kepada Presiden Yudhoyono mengatakan terguncang oleh gempa bumi yang telah memporak-porandakan kota Padang dan sekitarnya.

Sarkozy juga menyampaikan rasa duka cita serta rasa solidaritas yang mendalam, dan ungkapan bela sungkawa kepada keluarga korban serta simpati kepada korban luka dengan harapan dapat lekas pulih kembali.

Sedangkan Raja Swedia Carl XVI Gustaf mengekspresikan kesedihan yang mendalam atas tragedi dan melayangnya banyak nyawa yang disebabkan oleh gempa yang meluluhlantakkan Sumatera.

Raja dan Ratu Swedia juga menyampaikan bela sungkawa kepada rakyat Indonesia yang terkena dampak dari bencana alam tersebut.

Sebelumnya, gempa tektonik berkekuatan 7,6 pada Skala Richter mengguncang Provinsi Sumatra Barat pada Rabu (30/9) pukul 17:16 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu berpusat di 0,84 Lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT), kira-kira 57 km barat laut Pariaman Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 71 km.

Setelah itu, gempa bumi tektonik berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) yang menggoncang Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Kamis (1/10) pukul 08:52 WIB di 46 Km tenggara Sungaipenuh pada kedalaman 10 Km.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009